banner 728x250

Tingkatkan SDM Kepengurusan di Desa, Karang Taruna Malingping Gencar Berikan Pemahaman

  • Bagikan
banner 468x60

Lebak, CNC MEDIA.- Karang Taruna Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, gencar memberikan pemahaman dan penguatan kelembagaan Karang Taruna tingkat Desa. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia pengurus Karang Taruna yang ada di tingkat desa.

Dalam kegiatannya, Karang Taruna Malingping, secara estafet mendatangi semua Desa yang ada di Kecamatan Malingping.

banner 336x280

“Melalui kegiatan penguatan kelembagaan ini, diharapkan kedepannya Karang Taruna yang notabene sebagai wadah pembinaan pembangunan dan pengembangan generasi muda di bidang kesejahteraan sosial, mampu memberdayakan potensi sumber daya manusia dan lingkungan yang telah ada,” tutur Pebri Pebryanto Ketua Karang Taruna Kecamatan Malingping, Jumat (24/12/2021).

Dijelaskan Pebri, dalam pelaksanaannya pengurus Karang Taruna Kecamatan, dibagi menjadi beberapa tim untuk turun langsung ke masing-masing desa.

“Materinya sendiri yang pertama adalah pengembangan ekonomi kreatif pemuda Karang Taruna berbasis budaya lokal,” ujarnya.

Kemudian, lanjut Pebri, materi yang kedua adalah pemberdayaan Karang Taruna dalam wira usaha.

“Penyelenggaraan kegiatan ini sebenarnya dilakukan masing-masing pengurus Karang Taruna Desa, sedangkan pengurus Karang Taruna Kecamatan hanya mengisi materinya saja,” katanya.

Baca juga :  Dengan Niat Tulus, Madtoha Calon Kepala Desa Nayagati Siap Mengabdi Untuk Masyarakat

Lebih lanjut Pebri menjelaskan, bahwa dengan diterapkannya UU Desa, Karang Taruna merupakan salah satu lembaga kepemudaan yang keberadaannya sangat penting untuk pengembangan generasi muda untuk dilibatkan dalam pembangunan baik ditingkat kecamatan lebih-lebih di desa.

“Karang Taruna ini adalah organisasi sosial untuk pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggungjawab sosial, dari, dan untuk masyarakat terutama generasi muda yang ada diwilayah desa,” terang Pebri.

Redaksi CNC MEDIA

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *