BANTEN  

Satbrimob Polda Banten Lakukan Pemeliharaan dan Perawatan Senjata

Kota Serang, CNC MEDIA.- Personel Logistik Satbrimob Polda Banten melaksanakan pemeliharaan dan perawatan senjata yang dimiliki di Satbrimob Polda Banten pada Minggu (30/01/2022).

Anggota Logistik Satbrimob Polda Banten yang dipimpin Brigadir Febri, sedang merawat dan memastikan senjata api inventaris dalam keadaan baik.

Dansat Brimob Polda Banten Kombes Pol Dwi Yanto Nugroho menyampaikan bahwa pemeliharaan secara berkala bertujuan agar senjata mencapai usia pakai lama dan selalu siap untuk digunakan jika dibutuhkan, termasuk latihan menembak.

“Selain merawat senjata untuk menghindarkan macet atau malfungsi, kami juga melakukan lubrikasi dan pengecatan dalam mencegah korosi,” kata Dwi Yanto.

Selanjutnya Dwi Yanto mengatakan pembersihan dimulai dengan menyiram senjata atau merendam dengan cairan pelarut untuk melunakkan kotoran di sela-sela atau sudut senjata.

Sedangkan untuk laras digunakan pelarut tembaga agar melarutkan partikel tembaga atau jelaga yang tertinggal dari selongsong peluru, baru kemudian dibersihkan dengan lantak atau sikat bor untuk memecah kumpulan kotoran pada laras,

“Setelah dibersihkan selanjutnya memberikan lubrikasi pada bagian logam minyak senjata selain mencegah keausan dan korosi juga saturasi kelembaban. Minyak juga merupakan pengumpul kotoran dan bubuk mesiu, khususnya pada sekitar lencana tembak lalu Pastikan memberi minyak pada bagian yang berputar, sedangkan gemuk, sebaiknya dioles cukup tipis agar tidak menghalangi gerakan senjata,” ujar Dwi Yanto.

Dwi Yanto berharap kepada personel selalu membersihkan senjata di luar ruangan atau tempat yang memiliki ventilasi yang baik, karena uap dari pelarut atau minyak dapat menjadi penyakit jika terhirup di ruangan tertutup,

“Dalam membersihkan diharapkan menjauhkan minyak dan pelarut dari amunisi karena dapat menyebabkan amunisi tidak menembak atau bahkan meledak, serta menggunakan pelarut yang aman bagi senjata dan kulit orang yang membersihkannya, setelah itu jangan lupa selalu membersihkan senjata saat kembali ke gudang, petugas gudang harus benar-benar memperhatikan ini,” tutup Dansat Brimob Polda Banten. (Bidhumas)

banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.