banner 728x250

Pemerintah Kecamatan Banjarsari Gelar Apel Siaga Bencana dalam Rangka Penanggulangan Bencana Alam

  • Bagikan
banner 468x60

Lebak, CNC MEDIA.- Pemerintah Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Lebak menggelar apel siaga bencana dalam rangka penanggulangan bencana alam yang dipimpin langsung oleh Camat Banjarsari Asep Raedi, S.Sos,.M.Si bersama dengan Kapolsek Banjarsari Iptu Aedi Junaedi, Danramil 0312/Bjs yang diwakili oleh Batuut Serma Sirait, Dinas Instansi, Para Kepala Desa/perwakilannya, BPBD, Linmas Desa, OKP, Ormas se-Kecamatan Banjarseri, Kamis (11/11/2021).

Bertempat di halaman Kantor Kecamatan Banjarsari dengan diawali dari apel siaga bencana bahwa Kantor kecamatan Banjarsari menjadi Posko Siaga Bencana dan adanya Peta rawan bencana di kecamatan.

banner 336x280

Camat Banjarsari, Asep Raedi, S.Sos,.M.Si mengatakan, menindak lanjuti arahan pemerintah daerah Kabupaten Lebak untuk melaksanakan Apel siaga bencana di Kecamatan Banjarsari.

“Kegiatan ini harus dilaksanakan sebagai upaya pencegahan dan kesiapsiagaan seluruh Kepala Desa bersama dengan TNI-POLRI untuk menghadapi bencana alam yang bisa dimana saja dan bisa kapan saja terjadi,” ujarnya.

Camat Banjarsari menjelaskan bahwa masing-masing kantor desa menjadi posko siaga bencana tingkat desa, serta disiapkan pos/tempat evakuasi untuk penyaluran bantuan/penanganan yg mudah diakses, kemudian terjalin sinergitas dari seluruh komponen dalam kecepatan penanganan bencana yang salahsatunya menggunakan Pasilitas/ media WhatsApp.

Baca juga :  Peduli Bencana, Pemuda Pancasila PAC Cijaku & Cigemblong Salurkan Bantuan

“Sebagai contoh, ketika terjadi bencana baik banjir, tanah longsor kebakaran, angin puting beliung maka desa harus cepat menyampaikan Via grup WhatsApp sebagai laporan pendahuluan mulai dari waktu, kronologis, nama korban, kerugian dan upaya antisipasi yang dilakukan sesegera mungkin disampaikan kepada posko kecamatan sehingga respont penanganan tanggap darurat bencana bisa berjalan dengan epektif,” paparnya.

Selain itu, Camat Banjarsari Asep Raedi menghimbau seluruh stakeholder dan masyarakat bisa meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

“Mari kita meningkatkan kewaspadaan dan kesigapan mulai dari diri kita sendiri dan juga seluruh lapisan elemen masyarakat. Karena kita semua sadar bahwa bencana bisa kapan saja terjadi, tidak tahu dimana tempat dan waktu yang tidak bisa kita duga,” tandasnya.

Redaksi CNC MEDIA

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *