Oknum Lurah di Kulon Progo Terciduk Edarkan Sabu

Oknum Lurah berinisal DYC yang diduga mengedarkan sabu yang ditangkap Polres Kulon Progo.
Oknum Lurah berinisal DYC yang diduga mengedarkan sabu yang ditangkap Polres Kulon Progo.
banner 120x600

Kulon Progo (CNC MEDIA) – Polres Kulon Progo meringkus oknum lurah berinisial DYC (33). Lurah Hargomulyo, Kapanewon Kokap ini ditangkap gegara kedapatan mengedarkan narkoba diduga jenis sabu.

DYC diringkus jajaran Sat Resnarkoba Polres Kulon Progo pada Senin (10/6/2024) di Hargomulyo.

Penangkapan ini merupakan hasil pengembangan polisi yang sebelumnya telah menangkap seorang berinisial DP atas kepemilikan narkoba.

“Berdasarkan pemeriksaan terhadap tersangka DP diperoleh keterangan bahwa tersangka DP mendapatkan paket serbuk kristal yang diduga jenis sabu-sabu adalah dengan cara bertemu dan menerima penyerahan barang dari seseorang yang tidak dikenal di Dusun Wonopeti, Kalurahan Karangsewu, Kapanewon Galur, Kulon Progo pada Kamis tanggal 6 Juni 2024,” ucap Kasi Humas Polres Kulon Progo, AKP Triatmi Noviartuti, saat dimintai konfirmasi wartawan Kamis (13/6/2024).

“Atas dasar bahan keterangan yang didapat tersebut, selanjutnya petugas dari Unit 2 Sat Resnarkoba Polres Kulon Progo melakukan penyelidikan mendalam dan mengarah pada nama seseorang yang patut dicurigai, sehingga selanjutnya pada hari Senin tanggal 10 Juni 2024 pukul 14.00 WIB, berhasil mengamankan DYC di Hargomulyo,” imbuhnya.

Dalam kasus ini polisi menyita sejumlah barang bukti di antaranya serbuk diduga sabu seberat 0,3 gram, handphone, dan sepeda motor.

Novi mengatakan, saat diinterogasi polisi DYC mengakui perbuatannya. Adapun narkoba diduga sabu itu diperoleh dari wilayah Jawa Tengah.

“Saat dilakukan interogasi DYC mengakui bahwa benar yang bersangkutan telah bertemu dan menyerahkan barang kepada tersangka DP berupa paket yang berisi narkotika jenis sabu dalam bentuk serbuk kristal putih. Paket tersebut diambil oleh DYC dari daerah Jawa Tengah,” ujarnya.

Novi mengatakan DYC telah ditetapkan sebagai tersangka dan dan sudah diamankan ke Mapolres Kulon Progo. Atas perbuatannya DYC terancam pasal 114 ayat 1 UU Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

“Karena diduga telah melakukan tindak pidana sesuai Pasal 114 ayat (1) UU Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, maka DYC diamankan dan diproses secara hukum oleh petugas Satnarkoba Polres Kulon Progo,” jelasnya.

Ditemui terpisah, Pranata Laksana Sarta Pangripta atau Kepala Urusan Umum dan Perencanaan Kalurahan Hargomulyo, Amin Nugroho menyatakan prihatin dengan ditangkapnya DYC karena kasus narkoba. Pihaknya menyerahkan sepenuhnya kasus ini kepada kepolisian.

“Sangat prihatin ya dengan apa yang menimpa Pak Lurah kami saat ini, tetapi kami juga memohon kepada jajaran hukum penegak hukum sebaiknya lebih bagaimana ya, maksudnya prosesnya harus dijalankan se-proper mungkin. Dan kami juga menghormati proses hukum yang dijalani,” ujarnya.

Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait seperti Kapanewon Kokap dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMKPPKB) Kabupaten Kulon Progo.

“Nanti keputusan hukumnya gimana tentu kami akan berkoordinasi dengan OPD terkait pasca penetapan status hukum yang bersangkutan. Ketika proses ini berlanjut tentu akan ada kekosongan jabatan, sehingga perlu disikapi oleh OPD terkait seperti Panewu Kokap dan dinas,” ujarnya. (Red-CNC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *