Menegangkan!! Proses Evakuasi 2 Pria Tertimbun Longsor di Puncak Bogor

banner 120x600

Bogor, CNC MEDIA.- Tim SAR gabungan berhasil menyelamatkan Rizal (23) dan Doni (21) yang sempat tertimbun tanah longsor di Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Detik-detik penyelamatan tersebut cukup menegangkan.

Terlihat dari video yang diterima melalui Damkar Kabupaten Bogor, Senin (11/3/2024), sejumlah petugas sempat kewalahan. Mereka bahkan sampai menggunakan peralatan pemotong dan penghancur puing.

Mereka juga tampak beberapa kali berusaha meraih kedua korban yang tertimbun. Setelah beberapa saat, kedua korban bisa diselamatkan.

Setelah diselamatkan, korban tampak lemas. Mereka lalu dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan medis.

Danru 3 Rescue Damkar Kabupaten Bogor, Muhammad Ridwan, mengatakan pihaknya menerima laporan evakuasi sekitar pukul 09.00 WIB.

“Petugas berangkat pukul 09.10 WIB dan tiba di lokasi pukul 09.50 WIB,” ucapnya.

Setiba di lokasi, petugas langsung melakukan evakuasi. Dia mengatakan proses evakuasi memakan waktu satu jam hingga kedua korban bisa diselamatkan.

“Situasi akhir kedua korban berhasil dievakuasi oleh tim,” tuturnya.

Penyebab Longsor

Sebelumnya diberitakan, dua orang berhasil selamat setelah tertimbun tanah longsor di Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. BPBD DKI mengungkap penyebab tanah longsor tersebut.

“Disebabkan hujan dengan intensitas tinggi di wilayah tersebut menyebabkan tebingan belakang dapur longsor dengan ukuran panjang sekitar 10 meter tinggi sekitar 20 meter,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor Muhammad Adam Hamdani dalam keterangannya.

Situasi terkini, material longsoran di lokasi belum diperbaiki. Butuh penanganan lebih lanjut dari pihak terkait. Petugas BPBD juga melakukan asesmen kebencanaan di lokasi kejadian.

“Hasil analisa, beban tanah yang tidak kuat dikarenakan tanah gembur dan terdapat aliran air yang berada di atas longsoran atau tebing,” tuturnya. (Red-CNC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *