LEBAK  

Keren, Pemilihan Ketua RT 02/03 Kp Padasuka Desa Kerta Serasa Pemilu

Lebak, CNC MEDIA.- Pemilihan ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) biasanya tak diminati warga. Karena pada umumnya pemilihan ketua RT/RW dipilih langsung melalui musyawarah tanpa adanya pesta demokrasi layaknya pemilu.

Namun, hal itu tidak berlaku bagi warga Kp.Padasuka RT 002 RW 003, Desa Kerta, Kecamatan Banjarsari, yang digelar pada Minggu (2/1/2022) Panitia mendesain pemilihan layaknya seperti pemilu, yakni agar warga di lingkungan RT dan RW setempat dapat berpartisipasi langsung dalam menentukan calon pemimpin di lingkungannya, guna mengatur roda pemerintahan paling dasar di negeri ini.

Dengan menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19, Pada pemilihan ketua RT 002 RW 003 Desa Kerta, Kecamatan Banjarsari disambut antusias warga. Calon ketua RT dipilih dengan sistem seperti pemilu yang dilaksanakan di halaman Masjid At-Thohirin Warga di RT/RW tersebut diminta memberikan suaranya melalui bilik suara yang sudah disiapkan.

Panitia pemilihan ketua RT 002 RW 002, Juhemi mengatakan pada periode ini ada dua pasang untuk calon ketua RT 002 RW 003, di antaranya Rohani (incumben) nomor urut 1 dan Sahdi nomor urut 2.

“Karena dimana pihak dari desa sudah menghimbau kesemua RT untuk secepatnya mengadakan pemilihan ketua RT secara demokrasi dan kami selaku panitia menyediakan fasilitas bersama para tokoh masyarakat, disini kami sebagai panitia tidak memungut biaya kepada para calon di samping itu kami juga sebagai masyarakat kampung Padasuka, siapapun terpilih itu RT kami,” ujar Juhemi, Minggu (2/1/2022).

“Selama proses pemilihan ketua RT tidak ada kendala. Para warga merasa senang, mereka mendukung dan antusias. Semua dilakukan dengan swadaya bersama masyarakat,” tuturnya.

Setelah pemilihan dilaksanakan, masyarakat baik dari kalangan anak muda, ibu-ibu dan bapak-bapak langsung berbondong-bondong memadati lokasi pemilihan.

Berdasarkan hasil penghitungan suara pemilihan calon ketua RT RT 002 RW 003 dari total 234 suara, sebanyak 97 suara untuk calon no urut 1 dan sebanyak 138 suara untuk calon no urut 2. dengan demikian peraih suara terbanyak adalah Sahdi no urut 2.

“Kita berharap kepada ketua RT yang baru terpilih, bisa mengayomi masyarakat dan dimana masyarakat dari A sampai Z itu adalah warganya dan jangan pernah pilih kasih dan juga dapat memberi inovasi, kegiatan kegiatan yang bermanfaat, juga kandidat yang kalah tak usah berkecil hati, kita doa kandidat yang kalah mudah bisa mencalon kan diri jadi bupati,” ucap Juhemi.

Suparta, Salah satu tokoh di kampung Padasuka mengatakan bahwa pemilihan RT untuk periode 2022-2027 walaupun tidak semua masyarakat bisa hadir, kemungkinan ada kesibukan ini juga berlansung ramai dan meriah tidak kalah dari pemilihan legislatif dan presiden, sangat demokratis, bahkan sejak mulai pendataan sudah dipersiapkan dengan baik dari proses pemilihan ini, apresiasi warga benar tersalurkan.

Sementara, Kepala Desa Kerta, Ricky Jaenal Abidin, mengatakan dirinya menyambut baik pelaksanaan pemilihan RT di kampung Padasuka tersebut apa lagi pemilihan secara lansung.

“Saya berharap siapa terpilih menjadi ketua RT harus didukung oleh seluruh unsur masyarakat sekitar, sebab peran RT sangat penting karena mereka merupakan ujung tombak Pemerintahan,” tandas Ricky. (Bejo-CNC)

Redaksi CNC MEDIA

banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.