Ide Babinsa Manfaatkan Lahan Kosong Di Posmil Wanasalam

Lebak, CNC MEDIA.- Adanya lahan kosong di belakang Posmil Wanasalam yang belum dimanfaatkan secara maksimal dan terkesan dibiarkan menjadi lahan tidur, Serda Bambang anggota Koramil 0313/Malingping Kodim 0603/Lebak mengolah lahan kosong untuk dimanfaatkan.

Inisiatif dari Serda Bambang di luas lahan Posmil 2.174 meter, dan bagian belakang dimanfaatkan menjadi kolam ikan sekitar 300 meter sebagai kegiatan dilaksanakan untuk memberikan contoh kepada masyarakat tentang pemanfaatan pekarangan, sehingga bisa memiliki nilai manfaat yang lebih untuk menunjang dan memperkuat ketahanan pangan daerah.

Dalam mempersiapkan kolam yang dijadikan media budidaya ikan perlu dilakukan persiapan sekitar satu minggu dengan menambahkan media berupa daun-daun singkong dan kangkung didasar kolam untuk mematangkan kondisi dasar kolam sehingga daun-daun tersebut menjadi lumpur lunak/lembut sebagai penahan penyerapan air.

“Daun-daun inilah yang berubah menjadi lumpur lembut, bisa menahan menyerapnya air ke dalam tanah, sehingga air di dalam kolam bisa stabil walau dimusim kemarau,” ujar Serda Bambang dalam pemanfaatan lahan kosong sangat bermanfaat, untuk mengisi hari libur disela-sela aktivitasnya.

Baca juga :  Satu Rumah Warga Desa Senanghati Tertimbun Tanah Longsor Akibat Hujan Deras

Agar terhindari dari serangan penyakit atau hama, Serda Bambang pun menciptakan sistem terintegrasi. Air yang ada pada dua petak kolam ikan dibuat selalu mengalir selama 24 jam dengan bantuan pompa filter air.

“Selain untuk budidaya ikan disekitar kolam juga kita manfaatkan untuk menanam berbagai macam sayuran seperti Seledri, Bayam, Kangkung, Sawi dan berbagai macam sayur lainnya,” imbuhnya.

Diharapkan dengan kegiatan ini bisa memberikan contoh kepada masyarakat, untuk memanfaatkan lahan pekarangan yang ada di rumah masing-masing, yang sebelumnya tidak dimanfaatkan bisa menjadi sarana untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga. 

Menurut Danramil 0313/Malingping Kodim 0603/Lebak Kapten Chb Akhmad Sugandhi, konsep ketahanan pangan untuk mengangkat jati diri bangsa yang tidak selalu konsumtif dengan berbelanja namun juga gemar memanfaatkan lahan pekarangan untuk sesuatu yang produktif.

“Meskipun hal ini masih dilakukan secara swadaya namun sudah dapat memberikan manfaat bagi anggota maupun kepada masyarakat sekitar,” ujarnya.

Diharapkan dengan kegiatan ini bisa memberikan contoh kepada masyarakat, untuk memanfaatkan lahan pekarangan yang ada di rumah masing-masing, yang sebelumnya tidak dimanfaatkan bisa menjadi sarana untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga. 

Baca juga :  Operasi Masker di Pasar Kerta, Sejumlah Warga Terkena Sanksi

Redaksi CNC MEDIA

CNC MEDIA

Akurat dan terpercaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *