LEBAK  

PT. PERKEBUNAN NUSANTARA VIII MELAKSANAKAN HARI MENANAM POHON INDONESIA DI LOKASI PROYEK STRATEGIS NASIONAL WADUK KARIAN KAB LEBAK

banner 120x600

Lebak, CNC MEDIA.- Sebagai Wujud Partisipasi Menyemarakan Hari Menanam Pohon Indonesia, PT Perkebunan Nusantara VIII (PTPN VIII) Melaksanakan Seremonial Program Penanaman Pohon BUMN Yang di Hadiri langsung oleh Derektur Muhamad Yudayat beserta tamu Undangan di lokasi Proyek Strategis Nasional Waduk Karian, Kabupaten Lebak, Propinsi Banten. Minggu (28/11/2021).

Seremonial Program Menanam Pohon tersebut dilaksanakan secara Serentak di Tujuh Titik di Indonesia dengan Melibatkan BUMN, Pemerintah daerah, dan Para Mahasiswa Pencipta Alam (MAPALA).

Lokasi penanaman serentak tersebut, yaitu DKI Jakarta (Gedung Kementrian BUMN), Sumatra Utara (Danau Toba), Lampung (Wai sekampung), Riau (Pekan Baru), Banten (Rangkasbitung), Jawa Timur (Malang), Sulawesi Selatan (Makasar), Total Sebanyak 3.970 Pohon dengan jenis Pohon Endemik.

Beberapa BUMN yang terlibat, diantaranya PT Perkebunan Nusantara VIII, PT Inalum (PERSERO) / MIND ID, PT Pelindo (PERSERO), PT Perkebunan Nusantara V, PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Pertamina (Persero), Perum Perhutani, dan PT Biro Klasipikasi Indonesia (Persero), PT Pegadaian, PT Asuransi Keridit Indonesia, PT Taspen (Persero) dan Perum LPPNPI (Airnav).

Mentri Erik Tohir secara simbolis menanam Pohon Pucuk Merah dan tabebunya di halaman gedung Kementrian BUMN. Kegiatan Penanaman Juga dilakukan Oleh Sekertaris Kementrian BUMN Suyanto, Deputi bidang SDM, Teknologi dan Impormasi Tedi Bharata dan asisten deputi bidang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Agus Suharyono.

Erik Tohir Menyatakan Bahwa kegiatan ini merupakan Kolaborasi melalui Program TJSL Untuk Mendukung pencapiyan Sustoinabel Development Goals (SDGS)/ Tujuan Pembangunan berkelanjutan (TPB) antara lain tujuan (Tanpa Kemiskinan), (Energi bersih dan Terjangkau), (Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi), (Penanganan Perubahan Iklim), (Keberlanjutan Ekosistem Daratan) dan (Kementrian Untuk Mencapai Tujuan) yang dilaksanakan dengan mengedepankan Prinsip Akuntabilitas, Terintergrasi, Terarah, dan Terukur dampaknya.

“Dampak dari Penanaman Pohon ini akan menjadikan udara lebih bersih, Mengurangi dampak Pemasangan gelobal, Menyerap polusi udara, membantu mencapai target Emisi Nol Pada Tahun 2060 dan juga menjawab Isu Dekarbonasi,” ujar Erik Tohir ketika memberikan sambutan pada acara tersebut.

Dalam rangkaian kegiatan Penanaman Pohon BUMN ini, Turut dilakukan Lounching Bulan Menanam Pohon Nasional dan Donasi Pohon oleh Pegawai BUMN.

Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008 Tentang Hari Menanam Pohon Indonesia Telah Menetapkan Bulan Desember Sebagai bulan Menanam Pohon Nasional dan Mentri BUMN turut mengajak seluruh Pegawai Kementrian BUMN dan Karyawan BUMN untuk melakukan donasi untuk Menanam Pohon.

“Saya juga mengajak para Pegawai Kementrian BUMN dan Karyawan BUMN agar dapat Berpartisipasi dalam Menanam Pohon Nasional dengan Berdonasi Melalui QR Code,” pungkas Erik.

Hasil dari donasi Pohon yang terkumpul tersebut akan nantinya dibelikan Bibit Pohon Endemik yang akan ditanam di Danau Toba, Sumatera Utara.

Derektur PTPN Muhamad Yudayat Menyatakan,”Kami harap Program Rehabilitas Lahan Keritis Yang dimulai dari Areal PTPN VIII dapat Menjadi Harapan baru bagi keberlangsungan Lingkungan yang lebih baik. Dukungan dari berbagai pihak Mulai dari Pemerintah, pihak Swasta, Organisasi Non Pemerintah, aktivis Lingkungan, Masyarakat dan pihak lain sangat dibutuhkan sebagai bentuk Kolaborasi dan menjadi salah satu kunci utama keberhasilan Program ini,” pungkasnya. (Man-CNC)

Redaksi CNC MEDIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *