LEBAK  

Hari Mangrove Sedunia, Mahasiswa UNIBA dan KNPI Malingping Tanam Mangrove di Danau Talanca

banner 120x600

LEBAK, CNC MEDIA.- Dalam rangka memperingati Hari Mangrove Sedunia, Mahasiswa Universitas Bina Bangsa (UNIBA) yang tergabung dalam peserta Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Kelompok 68, 69, 70, dan 71 melaksanakan penanaman mangrove di lokasi wisata Danau Talanca yang berlokasi di Desa Cilangkahan, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Banten. Selasa, (26/07/2022).

Dalam kegiatan itu, turut hadir pula kelompok sadar wisata Danau Talanca, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Banten wilayah Selatan, Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) KNPI Malingping.

Sementara itu, Muhdar Fauzi, ketua KKM Kelompok 69 UNIBA, menuturkan, disini kita melaksanakan program lingkungan hidup dan penghijauan, “Momen Hari Mangrove se Dunia ini kita isi dengan penanaman mangrove di wilayah wisata Danau Talanca, dan ini juga atas dorongan dan masukan dari Teh Yeni yang merupakan ketua Pokdarwis Wisata Danau Talanca. Kita juga ada bidang pendidikan, hukum, UMKM, keagamaan, dan lain sebagainya.” kata Muhdar, Mahasiswa semester 6, jurusan Manajemen SDM, UNIBA.

Sementara itu, Yeni Mulyani, ketua Pokdarwis Danau Talanca, mengatakan, penanaman mangrove ini rutin dilakukan sebagai upaya pencegahan abrasi. Dan hari ini lebih kepada tambal sulam mangrove.

“Alhamdulillah, ini ada teman teman mahasiswa dari UNIBA, jadi mereka saya ajak untuk berkolaborasi menanam mangrove di Danau Talanca ini. Semuanya kompak dan semoga ini bisa bermanfaat,” kata Yeni.

Ditempat yang sama, Ruki Riswanto, ketua DPK KNPI Malingping, mengapresiasi atas kegiatan tersebut. Menurutnya, ini merupakan sebuah bentuk implementasi nyata pengabdian masyarakat.

“Terkait kegiatan ini yang bertepatan dengan hari Mangrove sedunia saya rasa ini adalah bagian implementasi dari pada Tri Darma perguruan tinggi yakni pengabdian masyarakat, selain kegiatan ini saya atas nama DPK KNPI Kecamatan Malingping juga mengajak ke rekan-rekan KKM Uniba untuk juga terlibat dalam kegiatan semarak HUT RI Ke 77 di kecamatan Malingping,” ungkap Ruki.

Arief Budikusuma, Kasi Pengelolaan dan Pengendalian Laut, Pesisir dan Pulau Pulau Kecil pada DKP Provinsi Banten Wilayah Selatan, mengungkapkan, dalam kegiatan ini sekitar 400 pohon mangrove sudah ditanam di Danau Talanca.

“Untuk program dari kelautan dan perikanan untuk rehabilitasi wilayah pesisir dan mitigasi bencana. Jadi, itu yang akan menjadi sub kegiatan selanjutnya. Kita akan bekerjasama juga dengan Pokdarwis,” kata Arief. (Red-CNC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *