Berdalih Uang Kebersihan, 11 Orang di Tanah Abang Jakpus Ditangkap Polisi

banner 120x600

Jakarta, CNC MEDIA.- Polisi mengamankan 11 orang yang meminta uang secara paksa ke warga di Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat (Jakpus), dengan dalih telah membersihkan saluran air.

Kapolsek Tanah Abang, Kompol Patar Bona mengatakan hanya 4 dari 11 orang tersebut yang membawa identitas.

“11 orang yang ada identitasnya 4,” kata Kompol Patar Bona kepada wartawan, Rabu (3/1/2024).

Bona mengatakan 4 orang itu berinisial J, H, A dan W. Dia menuturkan para pelaku mendatangi rumah warga dan meminta uang dengan dalih sudah memberikan got.

“Informasinya itu di RW 6, jadi sekumpulan orang tersebut dia alibinya itu sambil membawa karung, kemudian bawa sapu, cakrang kecil itu kemudian membersihkan selokan atau got kemudian kelompok tersebut juga 2 kali dalam 2 minggu terakhir ini datang ke RW tersebut,” ujarnya.

Dia mengatakan para pelaku menyebarkan sampah ke teras rumah warga yang menolak memberikan uang. Dia mengatakan kejadian itu sudah berlangsung dua kali di RW 6, Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakpus.

“Kalau dia tidak dikasih kemudian menebar atau menyebarkan sampah berserakan di depan teras rumah orang tersebut,” ujarnya.

Bona mengatakan pihaknya masih mendalami nominal uang yang diminta para pelaku. Dia menyebutkan 11 orang itu masih diamankan di Polsek Tanah Abang.

“Itu yang belum kami dalami informasi tersebut karena langkah pertama kita kan kita amankan dulu baru nanti kita lakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Bona mengatakan para pelaku tak mengenakan pakaian compang camping saat melakukan aksinya. Sebagai informasi, penangkapan dilakukan usai magrib pada Selasa (2/1/2024) kemarin.

“Sementara identitas yang lain sedang dicari tahu dan dilengkapi karena pada saat diamankan yang membawa KTP hanya 4,” kata Bona.

“Sejauh ini informasinya kalau tidak dikasih respons mereka hanya meninggalkan sampah berserakan,” tambahnya. (Red-CNC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *