Antisipasi Tingginya Debit Air, Babinsa Koramil 0313/Mlp Pantau Sungai dan Jembatan di Empat Kecamatan

Lebak, CNC MEDIA.- Kodim 0603/Lebak, Koramil 0313/Malingping, Danramil 0313/Mlp, Kapten ARM. Zainul Arifin, memerintahkan Babinsanya dari empat kecamatan mulai dari Kecamatan Malingping, Wanasalam, Cijaku dan Cigemblong untuk memantau wilayah kerja binaanya dan memantau debit air yang naik akibat hujan deras seharian pada hari Jum’at tanggal 2 April 2021 di setiap sungai-sungai dan jembatan, Sabtu (3/4/2021).

Upaya mengantisipasi debit air yang tinggi ini, jajaran Babinsa di bawah naungan Koramil 0313/Mlp mengecek dan memantau saluran air yang ada di wilayah binaanya masing-masing.

Pemantauan dilakukan oleh setiap Babinsa dan unsur terkait mulai dari petugas Desa dan BPBD serta Pol PP setempat guna deteksi dini bencana banjir sehingga mudah diprediksi wilayah mana yang debit airnya tinggi.

Akibat curah hujan, hal ini dilakukan oleh setiap Babinsa dan unsur terkait bilamana curah hujan tinggi melanda wilayah perkampungan dan pedesaan, apalagi dimusim penghujan yang kadang tidak bisa terprediksi kapan bencana alam melanda.

Selain itu mampu mencari solusi dan mengatasi apabila debit air secara drastis meningkat yang memungkinkan air tersebut akan merendam lahan sawah dan pemukiman warga.

Baca juga :  Kepala Desa se-Kecamatan Wanasalam Laporkan LPPD 2020

Danramil 0313/Mlp, Kapten ARM. Zainul Arifin menjelaskan, dengan pengecekan pintu air, sungai, jembatan dan saluran irigasi juga untuk memastikan bahwa irigasi harus siap operasional, harus dalam kondisi baik sehingga seorang Babinsa harus betul-betul bisa memperhitungkan debit air yang akan turun sepanjang musim penghujan, sehingga bisa mengambil langkah-langkah antisipasi.

“Dalam mengantisipasi di musim penghujan tindakan Babinsa bersama masyarakat dan unsur terkait memang sudah tepat, dalam hal ini mengantisipasi merupakan suatu tindak pencegahan sebelum terjadinya bencana,” ujar Danramil.

Ia berharap, hal itu dilakukan secara intensif sesuai perkembangan iklim yang terjadi di tiap-tiap wilayah, perubahan iklim yang ekstream dapat menjadi kendala dan bencana bagi masyarakat.

“Wujud kerja sama, gotong royong dan komunikasi yang baik sudah terlihat dan dalam aplikasi Babinsa sampai dengan saat ini betul-betul melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dilapangan, hal ini harus terus terjaga dengan baik sehingga program ini dapat berjalan dengan baik dan Alhamdulilah pasca pantauan wilayah relatif aman dan terkendali..” pungkas Danramil 0313/Mlp, Kapten ARM. Zainul Arifin. (MA.Saepudin-CNC)

Baca juga :  Dukung Kedaulatan Pangan, Program P3-TGAI Desa Kertaraharja Disambut Baik Para Petani

Redaksi CNC MEDIA

CNC MEDIA

Akurat dan terpercaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *