BANTEN  

Menko PMK: Penyeberangan Merak-Bakauheni Relatif Normal dan Aman

banner 120x600

Banten, CNC MEDIA.- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan penyeberangan Pelabuhan Merak (Banten)-Bakauheni (Lampung) relatif normal dan aman untuk angkutan Natal 2023 dan tahun baru 2024.

“Kami menerima laporan selama ini penyeberangan Merak (Bakauheni) normal dan aman,” katanya saat mengunjungi kesiapan angkutan natal dan tahun baru di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Sabtu (23/12/2023).

Cuaca di perairan Selat Sunda bagian utara yang menjadi lintasan jalur penyeberangan Merak-Bakauheni juga normal dan aman.

Namun, pihaknya tetap mengingatkan penyeberangan harus waspada, yakni pertama adanya perubahan-perubahan cuaca yang terjadi pasang surut gelombang.

Kedua, aktivitas erupsi Gunung Anak Krakatau, meskipun berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) saat ini sedang tidak aktif.

Selanjutnya, fasilitas dan kapasitas sekarang ini posisi volume to capacity ratio (V/C Ratio) atau perbandingan jumlah penumpang dan kendaraan dengan kapasitas pelabuhan masih aman dan di bawah 0,3.

Posisi V/C rasionya masih baik di bawah 4, sehingga kondisi pelabuhan masih sangat aman.

“Ini sangat baik dan terkendali,” tambah Menko PMK.

Sedangkan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan satu konsep ASDP tidak ada pembelian tiket sejauh 3-4 kilometer dan para pengendara tetap membeli tiket secara online, untuk menghindari kemacetan.

Selain itu, kondisi di Pelabuhan Merak dan Bakauheni V/C rasio masih terkendali dan aman di bawah 4.

“Kami minta Dirut ASDP agar memperhatikan anomali cuaca, sehingga penumpang penyeberangan Merak-Bakauheni selamat sampai tujuan,” katanya lagi.

Dalam kunjungan kerja Menko PMK Muhadjir didampingi Menhub Budi Karya Sumadi, Direktur PT ASDP Indonesia Ferry Ira Puspita Dewi, Kakorlantas Irjen Pol Aan Suhanan, dan Gubernur Banten Al Muktabar. (Red-CNC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *