LEBAK  

Lestarikan Budaya Kearipan Lokal, PD. Cahya Kembar Gelar “NYAIR” bersama

banner 120x600

Lebak, CNC MEDIA.- Dalam rangka melestarikan budaya kearipan lokal PD. Cahya Kembar gelar acara “Nyair” bersama yang ber lokasi di Situ Jarun Kampung Gawanta, desa Datarcae, Kecamatan Cirinten, Lebak-Banten. Minggu (22/05/2022).

Acara “Nyair” (nyeser atau nyerok ikan, red) bersama tersebut dihadiri oleh sekitar 200 peserta yang berasal dari beberapa kampung di wilayah Kecamatan Cirinten.

Saat di wawancara tim media CNC melalui telepon selulernya, salah satu panitia ibu beti mengungkapkan bahwa acara “Nyair” bersama ini digelar bertujuan untuk melestarikan kembali budaya kearipan lokal yang saat ini sudah hampir punah karena terkalahkan oleh budaya modern.

“Acara nyair bersama ini digelar untuk melestarikan budaya kearipan lokal yang kini sudah hampir punah dan terkalahkan oleh budaya modern, makanya kami adakan acara nyair bersama agar semua masyarakat sadar akan menjaga budaya kearipan lokal dan acara nyair bersama ini kami adakan untuk yang ke dua kalinya,” ungkapnya.

Sementara itu menurut salah satu peserta “Nyair” bersama yang enggan disebutkan namanya menuturkan bahwa dengan digelarnya acara “Nyair” bersama ini membuat dirinya senang karena bisa mengenang masa lalu dimana dulu suka nyair ke sawah dan kini enggan dilakukan oleh banyak orang.

“Harapan saya semoga acara seperti ini selalu tetap di gelar karena budaya seperti budaya nyair ini perlu terus dijaga dan dilestarikan agar tidak punah,” tuturnya. (AP-CNC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *