Jadi Tunggakan di Pemdes, Eks Kades Padaherang ini Diduga Aneh Doyan Korting Angggaran Sana Sini

banner 120x600

Pandeglang, CNC MEDIA.- Pesta Demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Pandeglang tak lama lagi bakal dihelat. Mestinya, berbagai siaga persiapan juga sudah seharusnya para panitia pelaksana dimaksimalkan agar tidak menimbulkan klaster baru pada kegiatan Pilkades tersebut.

Kegiatan yang dilaksanakan ditengah pandemi sudah tentunya ditunjang oleh anggaran yang sudah dipersiapakan agar kegiatannya berjalan sukses. Sayangnya, masih ditemukan oknum eks Kepala Desa yang telah habis masa baktinya, baik yang mencalonkan diri lagi atau tidak di Pilkades menyisakan permasalahan lantaran dana untuk kegiatan tersebut tidak seluruhnya diserahkan kepada panitia pelaksana Pilkades.

Halnya terjadi Desa Padaherang Kecamatan Angsana. Diketahui sebelumnya, Kepala desa (Kades) di Padaherang bernama Admira yang telah habis masabaktinya pada tanggal 22 Juli 2021 lalu dan telah diganti oleh Plh (pelaksana harian) yang tak lain merupakan putra dari Kades tersebut.

Berdasarkan informasi sumber terpercaya di Desa Padaherang dirinya mengaku telah mendapat keterangan dari Ketua Panitia Pelaksana Pilkades Padaherang. Sumber itu mengatakan bahwa dimasa Kepala desa Admira selain terlambat menyelesaikan kegiatan jalan, uang untuk Pilkades juga belum semuanya diserahkan. 

Padahal kata dia, perhelatan Pilkades Padaherang tinggal menghitung hari akan dihelat yakni tanggal 15 Agustus 2021 mendatang.

“Saya mendengar langsung dari Ketua Panitia ternyata Kades yang dulu itu belum menyelesaikan tunggakan kepada Panitia Pilkades senilai Rp. 13 juta lebih,” ucap sumber yang minta namanya dirahasiakan.

Hal itu ternyata dibenarkan oleh Iip selaku Ketua Panitia Pilkades Padaherang, dia menjelaskan bahwa dirinya sudah tiga kali meminta uang tersebut kepada Kades (Admira*red) namun ternyata masih juga tidak dibayar. Untuk itu, Iip mengaku sudah berkoordinasi dengan penanggung jawab dalam hal ini BPD (Badan Permusyawaratan Desa).

“Saya udah 3x minta uang tersebut ke pa lurah. Kalau hari ini ternyata masih juga tidak dibayar kami sudah kordinasi dengan penanggung jawab/BPD, nanti mereka yang akan menindaklanjuti,” tegasnya.

Sebelumnya, dikatakan Iip, bahwa Kepala desa (Kades) tersebut telah berjanji akan membayar sisa uang untuk biaya Pilkades sebesar  Rp.13.330.000,- pada hari ini, Rabu (4/8/21), namun hingga sekarang belum juga.

“Kita tunggu sampai malam aja,” imbuh dia berharap uang tersebut segera diserahkan agar kegiatan Pilkades berjalan lancar.

Belum lama ini, pekerjaan dana desa tahap 1 tahun anggaran 2021 yakni kegiatan rehabilitas jalan di kampung Laban belum juga terselesaikan hingga sekarang, bahkan kegiatan tersebut sempat tertunda beberapa bulan. Karena banyak desakan kegiatan jalan tersebut akhirnya kini tengah dikerjakan kembali.

Tak hanya itu, dimasa bakti Kepala desa (Kades) Admira juga, diduga kuat belum melunasi pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB).

Terpisah Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Pandeglang, Doni Hermawan saat dikonfirmasi soal desa Padaherang dia menyatakan singakat bahwa permasalahan tersebut sudah ditangani oleh pemerintahan Kecamatan. “Itu sudah ditangani camat,” imbuh dia singkat.¬†(JS/SN)

Redaksi CNC MEDIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *