LEBAK  

Antisipasi Wabah PKM, Bhabinkamtibmas Polsek Malingping Polres Lebak dampingi petugas UPTD Puskeswan dan Disnakeswan cek Sapi Ternak

Lebak, CNC MEDIA.- Polsek Malingping Polres Lebak bekerjasama dengan UPTD Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) dan Dinas Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Lebak melakukan upaya pengendalian wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) atau foot and mouth desease (FMD), dengan cara mendapingi Poskeswan dan Disnakeswan Kabupaten Lebak turun kelapangan dalam melakukan pengecekan kesehatan hewan ternak jenis sapi milik Hj Mimin yang beralamat di Kampung Kalapa Dua Desa Bolang Kecamatan Malingping Kabupaten Lebak Provinsi Banten, Sabtu (21/5/2022).

Kegiatan ini adalah upaya Polri yakni Polsek Malingping Polres Lebak bersama UPTD Puskeswan dan Disnakeswan Kabupaten Lebak dalam pencegahan penyebarluasan wabah PKM yang sedang mewabah akhir-akhir ini.

Kegiatan pencegahan PMK atau foot and mouth desease FMD melibatkan dari petugas UPTD Puskeswan dan Disnakeswan Kabupaten Lebak Iqin, Sat Pol PP Kecamatan Malingping Ndum serta Bhabinkamtibmas Desa Bolang Bripka Suhendar.

Saat dikonfirmasi Kapolres Lebak AKBP Wiwin Setiawan,S.I.K.,M.H melalui Kapolsek Malingping Kompol Gunarto S.H mengatakan pihaknya bekerjasama dan saling berkoordinasi dengan pihak UPTD Puskeswan dan Disnakeswan Kabupaten Lebak untuk turun kelapangan dan melakukan pengecekan hewan ternak milik penggiat peternakan serta memberikan sosialisasi kepada pemilik ternak.

“Hari ini kami melalui Bhabinkamtibmas melakukan giat pendampingan terhadap UPTD Puskeswan dan Disnakeswan Kabupaten Lebak untuk melakukan pengecekan ternak sapi sebanyak tiga ekor milik Hj Mimin untuk memastikan bahwa sapi miliknya aman dari wabah PKM serta memberikan edukasi terhadap peternak tentang pengenalan ciri-ciri hewan ternak yang terkonfirmasi wabah PMK” kata Kompol Gunarto.

Menurut Kompol Gunarto bahwa hewan sapi hasil pemeriksaan oleh petugas dari UPTD Puskeswan dan Disnakeswan Kabupaten Lebak dinyatakan aman tidak terinfeksi wabah PKM.

“Alhamdulilah sapi ternak milik Hj Mimin menurut keterangan dari petugas UPTD Puskeswan dan Disnakeswan Kabupaten Lebak setelah melakukan pemeriksaan yang mana dalam pemeriksaan telah di dampingi oleh Bhabinkamtibmas dinyatakan aman tidak terinfeksi wabah PKM,” lanjut Kapolsek Malingping.

Namun di samping itu Kapolsek Malingping mengimbau kepada peternak yang ada di wilayah Kecamatan Malingping Kabupaten Lebak agar selalu waspada, apabila ada gejala yang mencurigakan terhadap ternaknya agar segera melaporkan kepada petugas yang berwenang maupun kepada Bhabinkamtibmas Polsek Malingping.

banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.