Wapres Sebut Media Jadi Instrumen Efektif Tebarkan Kebaikan

Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin
Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin
banner 120x600

Jakarta (CNC MEDIA) – Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin mengatakan media menjadi salah satu instrumen yang efektif untuk menebarkan kebaikan seperti ajakan untuk mempraktikkan toleransi, saling menghargai, sekaligus seruan untuk menjaga kerukunan dan meneguhkan persatuan antar-umat beragama.

“Penyiaran adalah bagian dari pelayanan publik sehingga kualitas kontennya harus terjaga dan sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku,” kata Wapres memberi sambutan pada acara Anugerah Syiar Ramadhan (ASR) 2024 dipantau secara daring di Jakarta, Rabu (8/5/2024).

Oleh karena itu, menurut Wapres, peran media betul-betul krusial karena siaran yang disampaikannya mampu memengaruhi karakter individu hingga membentuk persepsi dan perilaku masyarakat.

“Jika dimanfaatkan dengan baik, media bisa memainkan peran sebagai perekat dan pemersatu bangsa. Begitu pula sebaliknya, tanpa kehati-hatian, media juga bisa menimbulkan perpecahan,” ujarnya.

Untuk itu, dia juga meminta kepada media dan seluruh pihak yang terlibat dalam produksi dan tata kelola penyiaran agar senantiasa memastikan unsur-unsur kebaikan dan ajakan menjaga persatuan dalam materi siarannya.

“Sampaikan pesan-pesan baik ini dengan cara yang baik pula. Tayangan yang dikemas dengan cara santun dan menyejukkan, insyaallah akan lebih mudah dipahami dan sampai ke hati para pendengarnya,” ucap Wapres.

Wapres pun menyambut baik penyelenggaraan ASR 2024 sebagai bentuk apresiasi kepada lembaga penyiaran atas tayangannya selama bulan puasa lalu.

“Anugerah ini saya kira menjadi ajang yang baik untuk memilah program-program yang dapat menjadi teladan bagi program lainnya, terutama sebagai platform penguatan harmoni kehidupan sosial keagamaan dan kebangsaan,” tutur Wapres.

Ma’ruf Amin mengharapkan lewat penyelenggaraan ASR 2024 akan lahir persaingan sehat di antara media dalam menyuguhkan siaran yang tidak hanya digemari masyarakat, tetapi juga mencerdaskan, membangun pemikiran kritis, mencontohkan akhlak yang mulia, serta mengajak untuk menjaga kerukunan dan memperkuat persatuan bangsa. (Red-CNC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *