LEBAK  

Semarak HUT RI ke-78, Panjat Pinang Ibu-ibu di Kp. Cihideung Desa Senanghati Bikin Heboh

banner 120x600

Lebak, CNC MEDIA.- Kemeriahan peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI juga terjadi di RT 002 RW 001, Kp. Cihideung, Desa Senanghati, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak-Banten. Selain menghadirkan lomba-lomba tradisional yang umum seperti balap kerupuk, balap karung dan lainnya, disana digelar panjat pinang untuk ibu-ibu yang unik dan menghibur. Senin (21/8/2023).

Berbeda dengan panjat pinang biasanya, panjat pinang untuk kaum Hawa ini tingginya hanya sekitar 4 meter. Batang pinang dilumuri minyak oli. berbagai hadiahnya digantung di puncak pinang.

Meski tingginya hanya sekitar 4 meter saja, namun tak mudah bagi ibu-ibu tersebut untuk bisa memanjat batang pisang yang licin. Berbagai upaya dilakukan para ibu lincah tersebut, salah satunya dengan cara saling naik pundak temannya.

Namun tetap saja ibu-ibu ini kesulitan hingga beberapa di antaranya harus melorot dan jatuh bertumpuk hingga mengundang gelak tawa para penonton.

Setelah sekian lama berjuang, usaha para ibu perkasa ini pun berbuah manis. Saat salah seorang peserta berhasil mencapai puncak dan mengambil seluruh hadiah yang tertancap.

Santi Susilawati dan Aat selaku panitia penyelenggara acara tersebut mengungkapkan, kegiatan tersebut sebagai salah satu bentuk partisipasi masyarakat RT 002 RW 001 Kp. Cihideung Desa Senanghati dalam merayakan HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

Lomba panjat pinang ibu-ibu, kata Santi, merupakan salah satu kemeriahan lomba yang diadakan secara swadaya seluruh masyarakat dan para pengusaha yang ada di Desa Senanghati sebagai donatur.

“Kemeriahan HUT Kemerdekaan RI tahun ini diadakan selama dua hari (Minggu-Senin) diawali dengan lomba-lomba tradisional di hari pertama untuk seluruh warga mulai dari anak-anak, ibu-ibu hingga bapak-bapaknya. dan hari kedua diadakan lomba panjat pinang untuk ibu-ibu. Ini hiburan rakyat setahun sekali, yang semuanya pun terselenggara berkat partisipasi seluruh warga dan para donatur,” ujar Santi.

Pihak panitia telah menyediakan hadiah menarik untuk para pemenang yang akan dibagikan setelah lomba berakhir. (Rahman-CNC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *