Ketua PKPS Kab Pandeglang dan Pembina Mengucapkan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2021

Pandeglang, CNC MEDIA.- Ketua DPP PKPS Kabupaten Pandeglang mengucapkan Selamat Hari Kebangkitan Nasional dalam Hari Kebangkitan Nasional diperingati pada 20 Mei setiap tahunnya.

Penetapan Hari Kebangkitan Nasional merujuk pada tanggal berdirinya organisasi Boedi Oetomo, 20 Mei 1908 yang lalu demi abadinya sejarah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tetap semangat.

Tahun ini, kita peringati peringatan yang ke 113 tahun Hari Kebangkitan Nasional adalah “Bangkitlah Kita Bangsa yang Tangguh Mandiri dan Besar“.

Ketua PKPS Kabupaten Pandeglang, Encep Bactiar, A.Md.Pd, mengharapkan dengan tema tersebut dapat menumbuhkan dan menguatkan semangat putra daerah dalam gotong royong untuk mempercepat pulihnya bangsa Indonesia tercinta dari dari krisis pandemi Covid-19 yang semoga cepat berlalu.

Lebih lanjut Encep Bactiar, A.Md.Pd, memaparkan, Didirikannya Organisasi Boedi Oetomo Pada 20 Mei 1908, Dr Wahidin Soedirohoesodo bersama tiga mahasiswa STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen) mendirikan organisasi Boedi Oetama dalam sejarah di indonesia.

Pendirian organisasi ini sekaligus menandai Kebangkitan Nasional Indonesia. Sebab, sejarah Indonesia sejak saat itu memasuki babak baru, yaitu pergerakan nasional.

Baca juga :  Praktisi Hukum dan Sosial Kritisi Pemindahan Jenazah Di Desa Tegal Wangi

Artinya, semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia mulai lahir waktu itu.

“Sebelum organisasi Boedi Oetomo didirikan, dr Wahidin kerap mencari dana untuk membiayai pelajar-pelajar pandai yang kurang mampu, sebab, kondisi masyarakat Indonesia saat itu sebagian besar tidak mampu mendapatkan pendidikan formal dan melanjutkannya ke jenjang yang lebih tinggi,” jelasnya.

Misbakhul Munir selaku Pembina DPP PKPS Kabupaten Pandeglang dan Praktisi Hukum menambahkan, untuk mewujudkan cita-cita itu, perlu adanya organisasi dan kebersamaan.

“Saya berharap kepada seluruh putra daerah agar memiliki EMPATI pada sejarah nasional, kemungkinan kalau tidak lahirnya 20 mei 1908 sampai saat ini mungkin akan ada kesulitan bagi insan nasionalis yang akan mendirikan sebuah organisasi atau lembaga maka dari itu mari kepada seluruh putra daerah perlahan tapi pasti agar kita menjadi bangsa yang mandiri besar dan berwibawa amin,” tutupnya. (Nasrullah-CNC)

#waspada covid-19#

Redaksi CNC MEDIA

CNC MEDIA

Akurat dan terpercaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *