Kepala BNPB Akan Berupaya Maksimal Tangani Korban Banjir dan Longsor di NTT dan NTB

Flores Timur, CNC MEDIA. – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Josef Nae Soi bersama rombongan tiba di Larantuka, Kabupaten Flores Tiimur, Senin (5/4/2021) sore.

Doni pun langsung menggelar rapat koordinasi bersama Pemerintah Kabupaten Flores Timur membahas perihal bencana banjir dan longsor yang melanda Pulau Adonara.

Kepala BNPB itu mengungkapkan, Presiden Joko Widodo sudah memerintahkan untuk mengambil langkah konkret dalam membantu masyarakat yang terdampak banjir di NTT dan NTB.

Seluruh pihak harus bisa bekerja sama dengan baik membantu evakuasi korban di lapangan. Masyarakat terdampak juga harus diperhatikan secara maksimal.

“Seandainya malam ini bantuan bisa langsung ke lapangan, maka kami akan langsung dorong. Terutama selimut bagi masyarakat yang terdampak musibah. Termasuk juga dari Kemensos,” ungkap Doni dalam rapat koordinasi, Senin sore.

Doni meminta, pemerintah daerah tak enggan menyampaikan kebutuhan di lapangan kepadanya.

“Apa-apa yang dibutuhkan di lapangan tolong disampaikan agar kami bisa sampaikan ke Jakarta,” jelas Doni.

Baca juga :  KLB Demokrat Dituding Langgar Prokes, GPI Laporkan Panitia ke Bareskrim

Agar bantuan bisa tersalurkan dengan baik dan tepat sasaran, Doni meminta pemerintah daerah mendata nama korban sesuai kartu tanda penduduk (KTP).

Doni menambahkan, pemerintah akan berusaha agar masyarakat terdampak tak terlalu lama di pengungsian. Sebab, Doni khawatir para pengungsi terpapar corona. Doni akan melanjutkan perjalanan ke lokasi bencana pada Selasa (6/4/2021). 

“Karena saat ini cuaca masih belum kondusif, hari ini kita pun tidak bisa langsung ke lokasi. Semoga esok cuaca kondusif,” tambahnya.

Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi menyampaikan terima kasih kepada kepala BNPB karena sudah merespons dengan cepat bencana di provinsi itu.

“Yang paling kita butuhkan di Adonara adalah alat berat untuk manggali tanah dan mengevakuasi korban. Terima kasih karena sudah dengan cepat untuk membantu NTT,” ungkap Josef.

Redaksi CNC MEDIA

CNC MEDIA

Akurat dan terpercaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *