Bappeda Lebak : Siapkan Kawasan Wisata Terintegrasi di Desa Senanghati

Malingping, CNC MEDIA.- Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lebak, Ir.Hj. Virgojanti, M.Si menginisiasi pengembangan wisata sumber air panas yang terintegrasi.

Dalam kunjungannya ke lokasi wisata sumber air panas Citando yang berada di Desa Senanghati, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak-Banten, mendorong masyarakat untuk ikut mengembangkan potensi wisata yang ada, Minggu (6/9/2020).

Kepala Bappeda Lebak menjelaskan pengembangan destinasi wisata salah satu prioritas Pemerintah Kabupaten Lebak dimana Lebak terkenal dengan wisata alamnya, dan wisata sumber air panas Citando adalah salah satu yang menjadi wisata andalan Kabupaten Lebak.

Namun selama ini, kawasan wisata ini belum tertata dengan baik. Padahal, tingkat kunjungan wisatawan lokal cukup besar.

“Karena itu pemerintah daerah akan mendorong kawasan ini dikelola oleh masyarakat desa sendiri. Kita akan kembangkan dengan tiga zona yakni zona inti, zona pendukung dan zona pengembangan. Ini akan diatur dan ditata sedemikian rupa sehingga kawasannya akan terlihat apik dan nyaman memenuhi standar pariwisata,” ungkap Hj Virgojanti, yang di dampingi oleh Camat Malingping, Sekmat, Ketua Pokdarwis dan Kepala Desa Senanghati.

Baca juga :  Operasi Yustisi Penegakan Perbup No.28 Tahun 2020 di Kecamatan Banjarsari

Pengembangan wisata sendiri, menurut Kepala Bappeda Kabupaten Lebak, Ir.Hj. Virgojanti, M.Si, tidak bisa hanya berpaku pada penyiapan infrastruktur saja. Namun, juga harus disiapkan sesuatu yang khas dari Desa Senanghati atau jajanan kuliner khas Desa untuk menarik kunjungan wisatawan itu sendiri.

Selain itu, lanjut Hj Virgojanti, perlu dilakukannya segmentasi yang sesuai dengan potensi dan tren yang ada. Jangan sampai pengembangan wisata dibangun secara serampangan dan menurut pihak Bappeda, bahwa Pemerintah Desa bersama masyarakat hendaknya terus menerus untuk melakukan inovasi, sehingga membuat orang-orang penasaran dan akhirnya ingin terus berkunjung.

Redaksi CNC MEDIA.

CNC MEDIA

Akurat dan terpercaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *