Tanggap Bencana, Danramil 0313/Mlp Bantu Evakuasi Warga Korban Banjir di Cigemblong

Cigemblong, CNC MEDIA. – Derasnya curah hujan mengakibatkan meluapnya air Sungai Cikaret sehingga merendam pemukiman warga.

Untuk itu, Koramil 0313/Mlp, Kodim 0603/Lebak bersama masyarakat bahu membahu melakukan evakuasi, Selasa dinihari (27/10/2020).

Evakuasi dilakukan terhadap pemilik rumah dan barang-barang warga yang terendam banjir di Kp Cigemblong, Desa Cikaret, Kecamatan Cigemblong, Kabupaten Lebak-Banten.

Danramil 0313/Mlp, Kapten ARM Zainul Arifin, berdasarkan laporan menjelaskan, meluapnya air sungai terjadi karena tidak dapat menampung guyuran hujan yang terus menerus mulai hari Minggu (25/10/2020).

“Dari data yang diperoleh, sedikitnya 19 rumah warga terendam dan telah dievakuasi ke tempat yang aman. Alhamdulillah evakusi berjalan aman dan lancar,” kata Danramil di lokasi bencana, Selasa dinihari sekitar pukul 02.20 WIB warga bersama Babinsa Koramil 0313/Mlp.

Selanjutnya Danramil 0313, Kapten ARM Zainul Arifin, menuturkan, dengan intensitas curah hujan yang cukup tinggi beberapa hari ini, Ia telah memerintahkan seluruh jajaran khususnya Koramil 0313/Mlp agar tetap siaga. Pantau terus perkembangan situasi wilayah binaanya mengantisipasi banjir susulan dan laporkan. Utamakan faktor keamanan dalam pelaksanaan tugas dan tetap memedomani disiplin protokol kesehatan Covid-19. Lakukan imbauan kepada warga yang bermukim dipinggiran sungai agar tetap waspada.

Baca juga :  Guru Madrasah Di Kec Wanasalam Siap Kembali Mengajar Tatap Muka, Ini Alasannya...

“Kepada para Babinsa agar tetap waspada dan sigap untuk membantu masyarakat dan mengantisipasi kemungkinan banjir susulan,” ungkapnya.

Berdasarkan data yang diterima Banten Raya dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak, 19 rumah yang terendam tersebut, yaitu milik Dina (35), Sarkam (40), Surdin (40), Wahyudin (35), Arbaid (45), Asmar (34), Armali (47), Arsa (70), Sakman (60), Amah (38), Sana (45), Cecep (61), Usup (54), Epi (43), Kartoi (45), Santarip (45), Ajis (40), Rati (32), serta Nasir (51).

Plt Kepala BPBD Lebak Ajis Suhendi, membenarkan bila hujan deras sejak Minggu (25/10) di wilayah Kecamatan Cigemblong, mengakibatkan sungai Cikaret meluap. Akibat luapan tersebut, maka permukiman pendudukan di Kp Cigemblong yang letaknya tidak begitu jauh dari sungai tersebut, terkena banjir.

“Dari hasil laporan tim relawan BPBD yang berada di lokasi kejadian, ketinggian banjir mencapai sepaha orang dewasa. Namun, memasuki pagi ini (kemarin), kondisi banjir di Kp Cigemblong mulai surut,” ujar Ajis.

Asmar, warga Kp Cigemblong mengatakan, saat Sungai Cikaret mulai meluap, serta airnya naik kedaratan, maka seluruh warganya merasa ketakutan.

Baca juga :  Aktivis Kritisi Masa Cuti Kades Petahana pada Pilkades Serentak 2021

Bahkan, pada saat kejadian, tidak sedikit warga yang sempat mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“Memasuki tengah malam, hingga hari ini, banjir mulai surut, sehingga kami pun sudah merasa tenang,” kata Asmar.

Redaksi CNC MEDIA

CNC MEDIA

Akurat dan terpercaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *