Puluhan Pohon Tumbang Akibat Angin Kencang, Dibeberapa Wilayah di Kab Lebak

Lebak, CNC MEDIA.- Puluhan pohon tumbang dan rumah masyarakat rusak akibat diterjang hujan lebat serta angin kencang dibeberapa wilayah di Kabupaten Lebak-Banten, Sabtu (27/2/2021).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak meminta masyarakat mewaspadai hujan lebat disertai angin kencang dan petir yang berpeluang terjadi pada hari ini, 27 Februari 2021 di wilayah itu.

“Peringatan kewaspadaan itu setelah menerima laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG),” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak Pebby Rizky Pratama di Lebak, Sabtu, 27 Februari 2021.

Cuaca buruk ditandai hujan lebat disertai angin kencang, kilat petir dan berpeluang siang, sore, malam hari sampai dini hari.

Potensi bencana alam itu di antaranya puting beliung, banjir dan longsor, sehingga masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan guna mengurangi risiko kebencanaan.

“Kami sudah sampaikan peringatan kewaspadaan itu kepada relawan kecamatan agar meningkatkan kewaspadaan menghadapi cuaca buruk.”

Pebby mengatakan, cuaca buruk terjadi di Kabupaten Lebak berpeluang di wilayah Kecamatan Bayah, Kalanganyar, Malingping, Panggarangan, Cipanas dan Muncang.

Baca juga :  Dengan Niat Mengabdi Pada Masyarakat, Aan Nuralamsyah resmi sebagai Calon Kades Cirinten

Begitu juga di Kecamatan Leuwidamar, Bojongmanik, Gunungkencana, Banjarsari, Cileles, Cimarga, Sajira, Rangkasbitung, Cijaku, Cikulur, Cibeber, Sobang, Lebakgedong, Cihara, Cirinten dan Cigemblong.

BPBD Lebak terus berkoordinasi dengan TNI, Polisi, DPUPR, PLN, Relawan, Aparatur Kecamatan, Desa dan Kelurahan untuk mengantisipasi munculnya bencana.

“Kami melalui koordinasi itu agar dapat menangani pascabencana dengan cepat, tepat sehingga tidak menimbulkan korban jiwa dan kerusakan material cukup besar.”

Di Kecamatan Wanasalam, Desa Karangpamidangan, sejumlah tiang listrik dan puluhan pohon tumbang akibat angin kencang Sabtu dinihari tadi pukul 01.30 WIB, yang mengakibatkan listrik padam total di seluruh Desa Karangpamidangan.

“Kepala desa sudah kordinasi ke pihak PLN dan bersama-sama membersihkan pohon yang tumbang ke jalan,” ujar Ahen, warga Desa Karangpamidangan.

Di Kecamatan Malingping, juga banyak pohon-pohon yang tumbang seperti di Kp Cihideung dan warga beserta pihak PLN membersihkan pohon yang tumbang dan memperbaiki jaringan Listrik yang tertimpa pohon.

Begitu pula di Kecamatan Cijaku, Desa Kandangsapi, rumah warga rusak parah akibat pohon yang menimpa rumah di Kp Ciramen Rt 03/Rw 03.

Baca juga :  Pemdes Tamansari Salurkan BLT-DD Tahap III Untuk 100 KPM

Sejumlah warga di sekitar bantaran Sungai Ciujung Rangkasbitung mengatakan bahwa setiap malam mereka berjaga dan tidak tidur, karena hujan lebat sering terjadi pada dini hari.

“Kami khawatir hujan lebat dini hari itu menimbulkan banjir ke pemukiman,” kata Rohmat, 50 tahun, warga Rangkasbitung, Kabupaten Lebak.

Redaksi CNC MEDIA

CNC MEDIA

Akurat dan terpercaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *