Pengabdian Pendidikan Vokasional Teknik Elektro (P2VTE) di Kampung Cigadung

banner 120x600

Pandeglang (CNC MEDIA) – Himpunan Mahasiswa Pendidikan Vokasional Teknik Elektro berhasil melaksanakan kegiatan Pengabdian Pendidikan Vokasional Teknik Elektro (P2VTE) di Kampung Cigadung, Desa Sukasari, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pandeglang. Jumat (5/7/2024).

Kegiatan ini berlangsung dari Selasa hingga Jumat, 25 hingga 28 Juni 2024, dengan tema “Tumbuhnya Produktivitas serta Terbukanya Pandangan terhadap Pendidikan dan Teknologi”.

Kegiatan P2VTE bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat desa akan pentingnya pendidikan, memperkenalkan teknologi, dan menyelesaikan permasalahan kelistrikan di desa tersebut.

Sasaran utama kegiatan ini adalah masyarakat Kampung Cigadung, Desa Sukasari, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pandeglang.

Dalam rangka mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta mendukung visi dan misi FKIP, mahasiswa Pendidikan Vokasional Teknik Elektro mengadakan program kerja ini.

Pengabdian ini diharapkan dapat menanamkan jiwa sosial pada mahasiswa dan membawa perubahan positif serta peningkatan sumber daya manusia di masyarakat setempat.

Mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini langsung turun ke tengah masyarakat untuk mengaplikasikan ilmu yang telah mereka peroleh selama perkuliahan.

Kegiatan yang dilakukan selama P2VTE antara lain kelompok belajar, seminar tentang pentingnya pendidikan, sosialisasi pemasaran produk, pemeliharaan dan perbaikan alat-alat kelistrikan, serta pemberian alat mesin parut sebagai bentuk dukungan dari Jurusan Pendidikan Vokasional Teknik Elektro.

“Pengabdian pendidikan vokasional teknik elektro di Kp. Cigadung, Ds. Sukasari, Kec. Pulosari, Pandeglang, Banten mencakup berbagai aspek penting terkait pendidikan, UMKM, dan teknologi. Pada aspek UMKM, kegiatan ini meliputi promosi produk, tantangan yang dihadapi, dasar pemasaran, serta strategi dan teknik promosi efektif, termasuk pemasaran digital. Pada aspek pendidikan, sosialisasi dilakukan mengenai pentingnya pendidikan untuk siswa SD hingga SMA serta bahaya gadget bagi anak-anak usia dini. Dalam aspek teknologi, diperkenalkan platform pemasaran online untuk UMKM dan robot Line Avoider kepada anak-anak setempat. Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan produktivitas masyarakat melalui ilmu yang telah disampaikan,” kata Ade Sudrajat, Ketua Pelaksana.

Gregorius Diera Arnandi Melkior, Ketua Umum HM PVTE, menambahkan, “Pengabdian Pendidikan Vokasional Teknik Elektro adalah program kerja Himpunan Mahasiswa Pendidikan Vokasional Teknik Elektro yang mengimplementasikan poin ketiga Tridharma perguruan tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat. Program ini bertujuan membawa ilmu dari perkuliahan ke masyarakat, mempercepat peningkatan kemampuan sumber daya manusia sesuai perkembangan zaman, dan menghadapi tantangan saat ini dan masa depan. Selain memberikan manfaat kepada masyarakat, kegiatan ini juga mengasah kemampuan soft skill mahasiswa. Terima kasih disampaikan kepada lembaga, perangkat desa, dan masyarakat yang terlibat dalam kegiatan ini.”

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat Kampung Cigadung dapat lebih produktif dan terbuka pandangannya terhadap pendidikan dan teknologi. Selain itu, diharapkan pula permasalahan kelistrikan di desa tersebut dapat teratasi, sehingga kualitas hidup masyarakat dapat meningkat. (Red-CNC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *