Pemdes Karyabuana Rampungkan Bangun Jalan Usaha Tani, Tingkatkan Produktivitas Pertanian Masyarakat Desa

banner 120x600

Pandeglang (CNC MEDIA) – Meningkatkan Produktivitas pertanian di Desa Karyabuana Cigeulis Pandeglang sudah pencapaian selesai Realisasi program Jalan Usaha Tani (JUT) dengan metode Rambat beton.

Diketahui, awak media dan kontrol sosial dipelaksanaan Realisasikan program JUT untuk masyarakat Tani tepatnya di Kp.Kawung Gebplek di Desa Karyabuana Kecamatan Cigeulis sepanjang 2.00 meter dengan lebar 200cm sesuai Rencana Anggaran Belanja (RAB) untuk di kampung Kawung RW 02 Desa Karyabuana Kecamatan Cigeulis Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten. Jumat (03/05/2024).

Rohana S.Pd selaku Kepala Desa mengatakan, jalan usaha tani merupakan sarana yang dibutuhkan untuk mengembangkan jaringan yang dimiliki petani.

“Selain itu, Jalan Usaha Tani juga diprogramkan untuk mempercepat proses distribusi, hasil tani masyarakat sehingga sangat membantu petani dalam mengembangkan budaya hasil pertanian mereka, sebagai warga masyarakat kami,” ujarnya.

“Jalan Usaha Tani kami bangun dengan panjang 200 meter lebar 200cm tinggi 0,15 cm di Kp. Manggu menelan dana senilai Rp. 118.000.000 bersumber dari dana desa (DD) tahap 1 tahun angaran 2024. Dengan program ini, semoga petani akan semakin cepat dalam mengupayakan hasil budaya pertanian mereka, agar mampu meningkatkan ketahanan pangan, yang produktivitasnya terus dapat ditingkatkan,” tuturnya.

Marta ketua RT 002 yang dibantu warganya mencakup dua RT dan melibatkan Masyarakat dari beberapa RW untuk mempercepat pengerjaan jalan JUT desa Karyabuana.

“Kami giatkan proses pelaksanaan pekerjaan jalan ini karena masih di musim hujan yang harus dipercepat secara swadaya karena para petani sudah pada panen padi,” pungkasnya

Di tempat yang sama Aman SPd selaku TPK Desa Karyabuana mengatakan, pada prinsipnya kenapa jalan usaha tani dibangun di sini karena potensi ekonomi hasil tani masyarakat sangat banyak yang harus ditunjang saran prasarana agar petani mudah mengeluarkan hasil taninya dari jenis hasil bumi lainnya dan padi.

Lanjut Aman, “Karena disini petani sudah mulai berbudaya palawija atau tanam lainya  yang harus kita suport, agar petani lebih maju lagi, jalan ini kami rencanakan dalam progres RAB dengan mutu K300,” pungkasnya.

Saprudin selaku anggota Karangtaruna menjelaskan wilayah di desa Karyabuana ini pemdes bangun jalan dengan permanen agar dapat terasa mampaat untuk jangka panjang  mengembangkan potensi pertanian yang lahannya sangat luas dan disini memiliki juga potensi tempat wisata Curug Sawer.

“Kedepan kami harap dari potensi alam yang ada kami dan pemerintah dapat mengembangkan potensi wisata dan pertanian di Desa Karyabuana agar lebih maju lagi bagi warga di desa kami,” pungkas Saprudin. (NS-H-CNC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *