Kepala Dinas Pariwisata Prov Banten Lantik Dewan Pengurus Community Perias dan Make Up Artist (MUA) 2021-2024

Serang, CNC MEDIA. – Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Banten Agus Setiawan melantik Dewan Pengurus Community Perias dan Make Up Artist Banten (Corimba), Selasa (30/3/2021).

Pelantikan pengurus periode 2021-2024 ini digelar di Dewiza Hotel & Convention Hall, Kota Serang.

“Selamat kepada badan pengurus Corimba. Semoga sukses dan berkembang selalu,” ujar Agus dalam sambutannya.

Menurut Agus, hadirnya Corimba menandakan bahwa industri pernikahan di Banten tetap eksis meskipun masa pandemi Covid-19.

Ketua Umum Corimba Ilma Yusra mengatakan tujuan komunitas ini didirikan adalah untuk merangkul seluruh perias dan make up artist (MUA) di Banten.

“Awalnya hanya perkumpulan biasa, tapi kami berinisiatif untuk memulai sebuah komunitas yang dapat mengumpulkan para perias di Banten,” kata Ilma.

Dewan Pengurus Corimba saat ini berjumlah 24 orang dengan ratusan anggota.

Makeup Artist (MUA) adalah orang-orang yang menjalani pekerjaan sebagai perias wajah klien untuk berbagai kepentingan.

Sebelumnya, banyak yang mengira bahwa MUA hanya bertugas untuk merias wajah para selebriti atau artis pemain sinetron, penyanyi, pemain film atau model.

Baca juga :  437 ANGGOTA KELUARGA GRUP 1 KOPASSUS MELAKSANAKAN VAKSIN TAHAP 1

Kata ‘artist’ dalam MUA memiliki arti seniman, yang berarti seorang MUA adalah seniman yang menggunakan makeup sebagai alat untuk mengekspresikan seninya.

MUA tidak terbatas hanya merias artis, tetapi juga pengantin, peserta wisuda, peragaan busana, dan makeup untuk kepentingan lainnya.

Seorang MUA harus menguasai teknik dan berbagai jenis makeup sesuai dengan keinginan dan kebutuhan klien.

Tren kecantikan terus berkembang termasuk makeup, namun tidak semua orang bisa mengaplikasikan makeup pada wajah mereka sendiri.

Selain itu, keterbatasan waktu seseorang juga membuat orang lain menggunakan jasa MUA untuk merias wajah mereka.

Mempelajari teknik dan jenis makeup dapat dipelajari secara otodidak, terlebih lagi di era digital saat ini, banyak media yang dapat membantu Kamu untuk belajar.

Apabila Kamu ingin menjadi seorang MUA namun baru akan belajar dan merintis karier, simak tips di bawah ini ya!

– Mulai dengan mengenal dasar makeup

Untuk menjadi seorang MUA, tentu Kamu harus mengetahui dasar-dasar dalam makeup seperti jenis-jenis makeup, alat-alat makeup yang diperlukan, pemilihan warna atau shade sesuai warna kulit, teknik pengaplikasian produk, urutan penggunaan produk, jenis kulit dan jenis produk yang akan Kamu gunakan.

Baca juga :  Berita Duka di Bendungan Cikoncang, Perahu Wisata Terbalik, 3 Orang Tewas

Menjadi MUA, Kamu harus pandai mencocokkan jenis dan warna kulit klien dengan produk yang akan Kamu gunakan.

Seperti misalnya klien memiliki kulit berminyak, maka Kamu perlu menggunakan produk dengan finish matte agar dapat menahan minyak dan menjaga makeup tahan lama.

Sesuaikan juga jenis makeup dengan kegiatan atau aktivitas yang akan dilakukan klien.

– Berlatih dengan konsisten

Salah satu kunci keberhasilan dalam melakukan sesuatu adalah dengan rajin berlatih, termasuk makeup.

Kamu harus berlatih dengan konsisten untuk meningkatkan keterampilan mu dalam merias wajah.

Saat ini Kamu dimudahkan dengan perkembangan teknologi yang ada, Kamu dapat berlatih dengan menonton video tutorial di YouTube.

Kamu dapat menonton berbagai tutorial makeup dengan jenis yang berbeda-beda dari banyak beauty vlogger atau MUA profesional.

Untuk menjaga dan meningkatkan keterampilan, Kamu harus konsisten menghasilkan karya, misalnya setiap minggu Kamu harus mengunggah video dan foto makeup terbaru. Ini akan membuatmu rajin berlatih dan meningkatkan keterampilanmu.

– Kumpulkan alat makeup secara perlahan

Baca juga :  Viral... BPD Bersama Warga Desa Lempuyang, Menolak Pilkades 2021 Dilanjutkan Dengan Calon Tunggal

Sebagai seorang MUA, tentu Kamu harus memiliki alat makeup sendiri. Alat makeup ini juga tidak sedikit, misalnya brush, terdapat berbagai jenis brush dengan kegunaan masing-masing.

Kamu dapat mengumpulkan produk-produk yang diperlukan untuk merias wajah seseorang. Tidak harus membeli perlengkapan dalam jumlah banyak sekaligus, Kamu juga tidak harus langsung membeli produk high-end.

Kamu dapat mencicil produk yang perlu Kamu beli, karena apabila membeli produk dalam jumlah banyak sekaligus tentu memerlukan modal yang tidak sedikit.

“Harapan saya dengan adanya Pelantikan Dewan Pengurus Comunity Dan Mua Banten (Corimba) 2021-2024, mudah-mudahan semakin maju dan berkembang lebih besar lagi,” ujar Wanda.

Redaksi CNC MEDIA

CNC MEDIA

Akurat dan terpercaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *