Dr.H.Sutoto S.Pd.I.M.Si, KaDinsos Pandeglang Bimtek Tenaga Kerja Sosial di Cigeulis

banner 120x600

Pandeglang, CNC MEDIA.- Pada hari kesetiakawanan sosial nasional HKSN dan HDI Tahun 2023 Dinas Sosial Kabupaten Pandeglang kunjungan kerja ke kecamatan Cigeulis sampaikan banyak hal program kerja yang berada di Dinas Sosial gerakan sosial dari berbagai pilar kerja.

Hadir dari unsur Forkopimcam dari beberapa kecamatan, Panimbang, Sobang dan kecamatan lainnya, TKSK, KSB, Karang Taruna, Tagana, beserta para tamu undangan, pendamping PKH, unsur muspika kecamatan serta didampingi Kapolsek Cigeulis dari Polres Pandeglang yang diwakili Bhabinkhamtibmas Bripka Ahmad Dumyiati serta tamu undangan, bertempat di Resto Banyuasih Desa Banyuasih Kecamatan Cigeulis Kabupaten Pandeglang Banten. Kamis (21/12/2023).

Dr.H.Sutoto S.Pd.I.M.Si, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pandeglang menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Tenaga Kesejahteraan Sosial Kabupaten Pandeglang.

Kegiatan bimtek yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial Kabupaten Pandeglang sebagai upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan Reformasi Sosial bagi para pendamping Tenaga Kesejahteraan Sosial disetiap kecamatan di Kabupaten Pandeglang.

Menurut Dr.H. Sutoto, bimtek diikuti oleh para tenaga kesejahteraan sosial. Serta para relawan Kampung Siaga Bencana (KSB), Tagana, TKSK, Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Karang Taruna. Dan juga operator DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial).

Dr.Sutoto S.Pd.i.M.Si, menjelaskan, “Maksud dan tujuan bimtek meningkatkan kemampuan dan kapasitas para pendamping sosial di Kabupaten Pandeglang. Dimana para pendamping sosial ini memiliki tugas sangat banyak,” katanya.

Lanjutnya, mulai dari perbaikan data Pengsasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) dan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Supaya bantuan sosial ini betul-betul tepat sasaran.

“Untuk penyaluran bantuan sosial serta tentang ke aktifan BPJS harus disosialisasikan. Kepada masyarakat akan kemanfaatannya yang tepat waktu serta tepat sasaran tentunya harus benar-benar ditunjang oleh data yang kongkrit. Serta diperlukan kolaborasi dan sinergitas oleh semua pihak,” paparnya.

“Termasuk para tenaga pendamping sosia ini. Kita harapkan kualitas SDM nya dapat ditingkatkan dalam upaya mendukung program pemerintah dalam menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Pandeglang,” tandasnya.

Ditempat yang sama, H.Dasep Kustina Sekretaris Dinsos Pandeglang mengucapkan terima kasih kepada para semua pihak khususnya tenaga sosial.

“Karena tugas pokok dan fungsinya sangat banyak yang dilaksanakan dan sangat membantu pemerintah daerah dalam mensejahterakan masyarakat. Dan juga dituntut mampu membantu mengatasi berbagai persoalan yang berurusan dengan kemanusiaan,” tuturnya.

Lanjutnya, “Kami selaku bagian sosial dari Pemerintah daerah, tentunya akan berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan berbagai program bantuan sosial yang bersentuhan langsung dengan masyarakat,” lanjutnya.

Maka dari itu, “Kami berharap dengan kegiatan bimtek ini mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) bagi para pendamping sosial. Dalam upaya membantu penyaluran program bantuan sosial,” pungkasnya.

Sementara, Dr Agus Lukmanto selaku camat mengatakan, “Mari kita bersama sama memperkokoh, memperkuat nilai-nilai kesetiakawanan sosial ini, agar dapat membantu orang lain termasuk menangani kemiskinan. “Jadi kemiskinan itu sebetulnya bisa kita turunkan marikita bantu, kita perangi yakni dengan kebersamaan, dan kegotong-royongan, kepedulian, insya alloh bisa terwujud untuk itu, karena kita punya semangat yang luar biasa, pastinya,” jelas Agus Lukmanto.

“Mari kita lakukan semaksimal mungkin terutama dalam rangka peringatan HKSN ini. Diantaranya yakni mari tingkatkan bakti sosial, dan kepedulian kita semua,” pungkasnya. (NS-CNC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *