BANTEN  

Diduga Ada Dana Donatur pada Pilkades PAW Kandawati, Warga Minta Bupati Tangerang Bersikap Tegas

banner 120x600

Kab.Tangerang, CNC MEDIA.- Warga meminta dan berharap sikap tegas H.A.Zaki Iskandar, B.Bus, SE,MSi Bupati Kabupaten Tangerang Provinsi Banten terkait adanya dugaan dua sumber anggaran dana yang membiayai pelaksanaan Pilkades PAW Kandawati yakni dari dana donatur atau penyumbang tetap dan dari Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) Kandawati Tahun 2022, dimana dengan tegas dalam Peraturan Bupati (Perbup) Tangerang Nomor 68 Tahun 2021 tentang tata cara pemilihan kepala desa antar waktu dalam kondisi bencana Non alam Corona virus disease 2019 dalam paragraf 2 pasal 11 menegaskan bahwa biaya Pilkades PAW dibebankan dalam APBDes.

Sementara itu Panitia Pilkades PAW Kandawati dengan tegas menyatakan bahwa biaya Pelakasanaan Pilkades PAW bersumber dari donatur.

“Biaya Pilkades PAW dari donatur karena saat itu anggaran dana dari pemerintah (APBDes) belum kita terima/cair,” tegas panitia Pilkades PAW Kandawati pada wartawan pada Minggu (6/11/2022).

Ketika ditanya apakah ada perjanjian tertulis dengan donatur tersebut, panitia dengan tegas menjawab tidak ada perjanjian tertulis dengan donatur tersebut.

“Tidak ada perjanjian tertulis antara panitia dengan donatur,dan adapun siapa donaturnya itu adalah rahasia kami dengan donatur,” ungkap panitia Pilkades PAW Kandawati.

Ditempat terpisah Wily Patria, SE.MSi Camat Kecamatan Gunung Kaler Kabupaten Tangerang membenarkan adanya bantuan keuangan dari pihak ke-3 untuk membantu kelancaran Pilkades PAW Kandawati.

“Ada bantuan dana dari PJs H.Salikan dan Sekdes Ibu Silvi untuk membantu Pilkades PAW, namun itu itu bentuknya pinjaman,” katanya. Rabu (16/11/2022).

H.Solikan Mantan PJs Desa Kandawati kecamatan Gunung Kaler Kabupaten Tangerang dengan tegas dirinya membantah bahwa tidak pernah diri membantu dana secara pribadi untuk mendanai Pilkades PAW Kandawati.

“Saya tidak pernah memberikan dana secara pribadi atau meminjamkan uang untuk membiayai pelaksanaan Pilkades PAW Kandawati” tuturnya.

H.Salikan menambahkan bahwa Biaya Pilkades PAW Kandawati sebesar Rp.135.000.000 (seratus tiga puluh lima juta rupiah) bersumber dari dana ABT APBDes Perubahan Tahun 2022 yang dicairkan pada tanggal 28 Oktober 2022.

“Dan uang saya berikan langsung kepada panitia Pilkades PAW Kandawati,” ungkapnya.

Perlu diketahui pelaksanaan Pilkades PAW Kandawati Kecamatan Gunung Kaler Kabupaten Tangerang Provinsi Banten dilaksanakan pemungutan suara pada tanggal 6 November 2022 dan Kades terpilih Sumarni dilantik pada tanggal 10 November 2022, dilanjut Sertijab PJs desa Kandawati ke kades Kandawati pada tanggal 14 November 2022.

Sementara ini warga meminta dan berharap adanya sikap tegas Bupati Kabupaten Tangerang untuk segera menindak lanjuti permasalahan tersebut.

Sementara ini Harun,cs telah melaporkan dugaan Maladministrasi proses kepada Ombudsman Republik Indonesia perwakilan Banten. (Wahyu/Tim-CNC))

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *