Camat Cigeulis Laksanakan Monev APBDes 2022, Pastikan Realisasi Anggaran Sesuai RKPDes di Dana Desa

banner 120x600

Pandeglang, CNC MEDIA.- Pemerintah Kecamatan Cigeulis Kabupaten Pandeglang  mulai turun ke desa, melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) realisasi kegiatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahap 2 tahun 2022.

Camat Cigeulis Hadi, S.Sos mengungkapkan, “Kegiatan Monev tidak hanya memantau tata kelola keuangan desa, akan tetapi juga memastikan realisasi program Dana Desa (DD) di masing-masing desa dapat dilaksanakan sesuai dengan Rencana Penggunaan Dana (RPD) yang diusulkan pada setiap tahap Monev APBDes tujuannya untuk memastikan kegiatan dan anggaran yang direalisasikan sesuai RPD,” ungkap Hadi, Sabtu (19/11/2022).

Sementara ini, Pemerintah Kecamatan Cigeulis telah melaksanakan Monev di 3 desa dari 13 desa di wilayah Cigeulis Pada pelaksanaan Monev, tim juga melakukan pengecekan terhadap progres serapan anggaran, tata kelola keuangan dan kepatuhan terhadap regulasi. Kemudian, juga melakukan pengecekan kepatuhan terhadap pembayaran pajak.

“Dalam kegiatan Monev, juga ditekankan untuk percepatan serapan anggaran,” imbuhnya.

Lebih penting lagi, kata Hadi, pihaknya juga memantau pelaksanaan kegiatan fisik, untuk memastikan bahwa semua kegiatan dilaksanakan sesuai dengan perencanaan.

“Selain mengecek administrasi keuangan, tim Monev juga melakukan pengecekan secara fisik dari pekerjaan yang telah dilaksanakan, dan disesuaikan dengan spek perencanaan yang telah ditetapkan sebelumnya,” ujarnya.  

Monev Dana Desa merupakan bagian dari upaya untuk menciptakan tata kelola pemerintahan desa yang baik.

Terlaksananya pembangunan dan realisasi anggaran secara efektif, efisien, akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan.

Seperti di Desa Ciseureuheun kata Camat, sesuai RPD, APBDes tahap Il digunakan untuk kegiatan pembuatan jalur usaha tani JUT pokus untuk kebutuhan masyarakat, tani berupa pembangunan Pengerasan jalan Dalam hal ini, tim Monev melakukan peninjauan secara langsung ke lapangan dan memastikan bahwa JUT yang disalurkan dari program tersebut benar-benar bisa dinikmati masyarakat.

Lanjutny, Begitu juga dengan RPD APBDes tahap Il di Desa lainnya sebagian masih ada yang belum selesai, sesuai rencana awal digunakan untuk kegiatan ketahanan pangan, berupa pengadaan Dalam Monev ini, dapat dilakukan pengecekan secara langsung jenis  hasil pengadaan tersebut.

“Dari hasil pengecekan, untuk Desa Ciseureuheun dan Karyabuana juga Desa Sinarjaya, realisasi APBDes tahap lI sesuai dengan Rencana pembangunan desa RPD. dapat dipastikan sudah bisa dinikmati masyarakat, juga Desa karyabuana dapat kita pastikan benar-benar terlaksana,” demikian papar Camat.

H Ade sapaan akrabnya selaku tim Monev kecamatan sekaligus Kasi Pembangunan mengatakan, “Kami melaksanakan tugas verifikasi dalam pelaksanaan realisasi anggaran dana desa di setiap desa. Alhamdulilah selama ini kami selalu melaksanakan tupoxsi pekerjaan dengan baik sesuai intruksi dari dinas  terkait baik dari DPMPD Maupun Kementrian Desa untuk penerapannya,” singkatnya.

Di tempat terpisah, Rohana selaku Ikades di Kecamatan Cigeulis mengatakan, “Setau saya realisasi ADD maupun DD di setiap desa prihal apapun yang dipertanyakan baik dari media atau LSM Kami selalu menyampaikan yang ada sesuai fakta yang ada dengan gamblang,” papar singkatnya. (NS-CNC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *