Pelaksanaan Pembangunan Irigasi yang Gagal di Cikeusik, PT Permata Maju Jaya Harus Bertanggungjawab

Pandeglang, CNC MEDIA.- Adanya pelaksanaan pekerjaan pengairan irigasi yang gagal di Kampung Kesur, Desa Nanggala, Kecamatan Cikeusik, Pandeglang-Banten, Kamis (01/04/2021).

PT Permata Maju Jaya yang melaksanakan pekerjaan irigasi bermotif lining rehabilitasi irigasi primerkiri di Cibaliung CB paket I dengan kode paket RJI -PK .CB -PKT .1/2020 Rp.37.292.188.000,- (termasuk PPN ) Dengan ADD kontrak HK -02.01/PPK -IR RW -1/BBWSC3/01.3/2020, anggaran tahun MYC 2020/2021 tanggal kontrak 28 April 2020, Masakerja Lima Ratus Empat Puluh Hari (540) yang bersumber dana SBSN Negara Republik Indonesia.

Disoal masyarakat yang azas manfaatnya tidak sesuai dengan program pemerintah yang jadi harapan masyarakat soal pekerjaan berkesan amburadul dan tidak bertanggungjawab, yang sampai saat ini malah semakin parah keadaannya.

Yaya, warga masyarakat kampung Kesur, meyampaikan kepada awak media dan ketua pengurus bidang hukum ham BBH GIB Korwil Banten, bahwa warga masyarakat Kp Cikesur, Desa Nanggala merasa kesal dengan pelaksanaan irigasi oleh PT PERMATA MAJU JAYA belum digunakan sudah berantakan lining betonnya.

Baca juga :  Tujuh Nelayan Teluk Labuan Belum Ditemukan.

“Kami berharap kepada pemerintah dan intansi terkait untuk di tindak lanjut agar pembangunan ini benar ada manfaatnya, ada beberapa titik yang sangat parah,” tuturnya.

Dindin selaku pelaksana saat dikompirmasi mengatakan dengan sederhana dan cuex tak peduli hanya mengucap saya tidak tahu apa-apa dan kami hanya karyawan biasa.

“Bukan pekerjaan saya pak, saya hanya karyawan dan mau di adukan kemana aja silahkan sementara pimpro dan pihak konsultan selalu tidak ada di tempat pekerjaannya selaku konsultan pengawas dan pelaksananya,” kata Dindin dengan egonya.

Heri Ruswandi, ketua pengurus BHH GIB Korwil Banten, angkat bicara, pekerjaan yang nampak jelas amburadul keoptimalan, Kemanfaatan Sungai dan Prasarananya, sangat tecengang, sedangkan Sesuai dengan Surat Edaran No. 05 Tahun 2016 tentang pedoman Penyelengaraan Kegiatan Operasi dan Pemeliharaan Prasarana Sungai serta Pemeliharaan Sungai dan irigasi pengairan yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat.

Operasi Prasarana Sungai serta pemeliharaan sungai merupakan salah satu bagian dari Sumber Daya Air Prasarana Sungai serta pemeliharaan sungai bertujuan untuk menjaga kelestarian fungsi dan kemanfaatan sungai bagi masyarakat dikehidupan untuk meningkatkan ekonomi pertanian terdiri dari hak pengawasan instansi Dinas PUPR Pusat, Kota dan Kabupaten.

Baca juga :  Reses Tahun 2021 Di Tengah PPKM, H Rain Anggota DPRD komisi IV Kabupaten Pandeglang Tampung Usulan masyarakat

Hingga Pengamat menyebutkan pentingnya dilakukan kegiatan monitoring dan evaluasi untuk perbaikan, pentingnya pengawasan pelatihan untuk tingkat kemampuan petugas konsultan dan kontraktor baik dalam hal teknik maupun pelaksanaan hingga perlunya pengembangan koordinasi antara institusi dengan stakeholder terkait.

Petunjuk Teknis (JUKNIS) Tata Cara Penyusunan Angka Kebutuhan Nyata Operasi Pemeliharaan (AKNOP) tentang regulasi Operasi dan Pemeliharaan Sungai Pihak pelaksana dan konsultan pelaksana dan konsultan pengawas wajib memiliki rasa tanggung jawab tidak dengan cara kerja asal-asalan? Di hm 35 37 dan masih di titik lainnya pasangan liningnya sama seperti di hm 54 amburadul.

Warga masyarakat Kp Kesur, Desa Nanggala sudah merasa jengkel melihat pekerjaan amburadul, warga setempat yang jadi penonton akan segera aksi demo dengan pembangunan irigasi yang di wilayah Cikeusik yang asal jadi dan tidak melibatkan putra daerah, dimohon agar pemerintah turun tangan untuk membleklis PT PERMATA MAJU JAYA yang gagal membangun irigasi di wilayah Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang-Banten.

Pekerjaan Rehabilitas Jaringan Irigasi untuk pengairan pertanian yang di laksanakan oleh PT Permata Maju Jaya terkesan menghamburkan keuangan negara. (Nasrullah-CNC)

Baca juga :  Wisata Alam Pegunungan Pariuk Nangkub Sebagai Destinasi Wisata di Cigeulis Kab Pandeglang

Redaksi CNC MEDIA

CNC MEDIA

Akurat dan terpercaya

One thought on “Pelaksanaan Pembangunan Irigasi yang Gagal di Cikeusik, PT Permata Maju Jaya Harus Bertanggungjawab

  • 3 April 2021 pada 19:14
    Permalink

    Ada roni, yaya, mandor agus…hai hai

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *