SIMAK! Jadwal Kartu Sembako Cair Mulai 22 Februari 2022, Dilakukan oleh PT Pos Rapel Januari-Maret

  • Bagikan

Jakarta, CNC MEDIA.- Simak jadwal Kartu Sembako yang resmi cair mulai tanggal 22 Februari 2022 di bulan ini beserta bawa dua berkas untuk daftar DTKS dan dapat bantuan dengan nama lain BPNT.

Pemerintah memutuskan untuk mempercepat penyaluran berbagai bantuan termasuk program bansos Kemensos yaitu BPNT atau Kartu Sembako di bulan Februari 2022.

Lebih lanjut, penyaluran Kartu Sembako Kemensos dilakukan oleh PT Pos rapel Januari-Maret.

Sementara jadwal BPNT cair mulai tanggal 22 Februari 2022 agar masyarakat bisa menerima bansos sebelum Maret.

Diketahui bahwa Kartu Sembako cair setiap bulan dengan besaran Rp200 ribu. Bagi masyarakat yang belum dinyatakan sebagai penerima, bisa daftar dengan membawa dokumen untuk nantinya mendapat BPNT.

Kartu Sembako hanya cair kepada masyarakat yang tergolong fakir miskin sebab tujuan dari Kemensos menyalurkan BPNT adalah untuk membantu warga keluar dari angka kemiskinan dan memenuhi kebutuhan gizi,

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh masyarakat agar terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Kartu Sembako.

Golongan tersebut adalah Warga Negara Indonesia (WNI), termasuk keluarga miskin atau rentan miskin, bukan Anggota TNI dan Polri hingga ASN/Pejabat Pemerintah, dan tentunya terdaftar di DTKS Kemensos atau sebagai penerima BPNT.

Lalu bagaimana jika masyarakat belum terdaftar di DTKS namun memenuhi syarat sebagai penerima bansos Kartu Sembako?

Jangan khawatir, sebab pemerintah memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mendaftar DTKS agar nantinya berpeluang menerima BPNT.

Publik hanya perlu membawa dua dokumen pribadi ke kantor berikut untuk memulai proses dan langkah. Berikut cara daftar DTKS Kemensos untuk menerima Kartu Sembako:

– Bawa dua berkas, yaitu KTP dan KK ke Kantor Desa/Kelurahan

– Kepala Desa/Kelurahan akan mengadakan rapat untuk memverifikasi apakah pengajuan memenuhi syarat

– Jika diterima maka akan diteruskan ke tingkat Bupati/Wali Kota melalui Kecamatan

– Dinsos juga bisa melakukan verifikasi dengan mengunjungi rumah tangga pengaju secara langsung

– Selanjutnya prosedur sampai ke tingkat Provinsi atau Gubernur

– Gubernur akan meneruskan ke Menteri Sosial

– Keputusan final ada di Menteri Sosial untuk melakukan verifikasi

– Jika nantinya pengajuan diterima maka KTP pengaju terdaftar di DTKS Kemensos

Lalu masyarakat bisa melakukan cek penerim
Kartu Sembako/BPNT di link
cekbansos.kemensos.go.id (klik DI SINI).

Isi formulir online itu yang meliputi data diri alamat mulai tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, Desa, hingga nama calon KPM sesuai  KTP.

Ketik kode dan huruf verifikasi lalu tap ‘CARI DATA’ agar muncul pemberitahuan status penerima Kartu Sembako/BPNT.

Jadwal kapan BPNT/Kartu Sembako cair bulan Februari 2022

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menargetkan penyaluran bansos selesai dalam dua pekan terakhir bulan Februari 2022.

Muhadir Effendy selaku Menko PMK meneruskan target percepatan bansos berdasarkan instruksi dari Presiden Joko Widodo dan meminta pihak terkait terlibat aktif.

“Demikian pula TNI/Polri juga diminta untuk mengawal percepatan penyaluran bansos dan utamanya untuk daerah sulit,” jelas Muhadir Effendy ketika memimpin Rapat Tingkat Menteri Percepatan Bansos 2022 pada Kamis, 17 Februari 2022, dikutip dari ANTARA NEWS.

Demikian jadwal kapan Kartu Sembako yang cair mulai tanggal 22 Februari 2022 beserta cara daftar BPNT hanya membawa KTP dan KK. (Red-CNC)

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *