Reshuffle Kabinet, 6 Menteri Ini Dianggap Tak Memuaskan dan Kontroversial, Siap-siap Saja

Jakarta, CNC MEDIA.- Sejumlah.pihak memprediksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan reshuffle atau perombakakn Kabinet Indonesia Maju pada Rabu pon bertepatan dengan 23 Desember 2020, besok.

Reshuffle tersebut terutama untuk mengisi dua posisi menteri nonaktif yang berkasus di Komisi pemberantasan Korupsi (KPK), yakni Mensos Juliari Peter Batubara dan Menteri KKP Edhy Prabowo.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin mengatakan, soal siapa menteri yang akan diganti bila reshuffle kabinet terjadi itu tergantung Presiden Jokowi.

“Namun jika melihat dari kinerja menteri yang dianggap tak memuaskan dan kontroversi, ada Menkes, Menag, Mendikbud, Menparekraf, Menteri (Koperasi dan) UKM, Menaker,” ungkap Ujang saat dihubungi JPNN.com, Selasa (22/12/2020).

Menurut Ujang, bila reshuffle kabinet betul-betul terjadi Rabu besok, maka bisa saja ada menteri yang diganti atau dibuang. Namun, katanya, bisa pula hanya terjadi pergeseran pos dari kementerian satu ke lainnya.

“Sepertinya jika reshuffle diadakan besok, maka akan ada menteri yang didepak,” ungkap pengajar di Universitas Al Azhar Indonesia, itu.

Baca juga :  MOI APRESIASI SKB UU ITE TIDAK BISA MENJERAT PEMBERITAAN INSTITUSI PERS (MEDIA ONLINE)

Ujang menambahkan, bila melihat sejumlah kasus dugaan korupsi yang menjerat menteri, kebanyakan adalah mereka yang berlatar belakang partai politik.

Berkaca dari hal itu, kata Ujang, Presiden Jokowi sejatinya perlu memperbanyak menteri dari kalangan profesional.

Namun, dia memprediksi hal itu juga tidak mudah karena suami Iriana itu masih tersandera oleh partai politik koalisinya.

“Jokowi butuh backup parpol,” pungkas Ujang Komarudin.

Redaksi CNC MEDIA
Source JPNN

CNC MEDIA

Akurat dan terpercaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *