Reaksi Kapolri Terkait Pria yang Mengaku Nabi ke 26 dan Sebut Puasa Lalim

JAKARTA, CNC MEDIA.- Sosok lelaki bernama Jozeph Paul Zhang kini tengah viral di media sosial. Pasalnya, mengaku sebagai nabi ke-26. Tak hanya itu, Jozeph juga menantang siapa saja untuk melaporkannya ke polisi.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo langsung turun tangan memerintahkan anak buahnya mengusut video itu.

“Sudah dilidik (diselidiki),” kata Listyo kepada wartawan, Sabtu malam (17/4/2021).

Sebelumnya, sebuah video viral menunjukkan seorang pemuda bernama Jozeph Paul Zang mengaku sebagai nabi ke-26 dan melecehkan Nabi Muhammad SAW.

Video pelecehan agama ini, terlihat dalam unggahan akun YouTube Jozeph Paul Zang dengan judul ‘Puasa Lalim Islam, yang disiarkan langsung pada Sabtu (17/4/2021).

“Yang bisa ngelaporin gue ke polisi, nih gue nih Nabi ke-26 Jozeph Paul Zang, meluruskan kesesatan ajaran Nabi ke-25,” ujar dia dalam siaran langsung diunggah di akun YouTube miliknya.

Jozeph berjanji memberikan uang Rp1 juta kepada siapa saja yang bisa melaporkannya ke polisi. Bahkan, Jozeph juga melecehkan Allah SWT dengan menyebut Allah sedang dikunci di Ka’ba hingga menyinggung ibadah puasa. 

Baca juga :  SAH... AHY Tetap jadi Ketum Demokrat, Kemenkumham Tolak Kepengurusan Moeldoko

Bareskrim Selidiki Pria Mengaku Nabi ke-26 Jozeph Paul Zhang

Penyidik Bareskrim Polri menyatakan sedang mendalami video pria mengaku nabi ke-26 bernama Jozeph Paul Zhang.

“Sedang didalami, lengkapi dokumen penyidikannya,” kata Kabareskrim Mabes Polri Komjen Pol. Agus Andrianto, Minggu (18/4/2021).

Agus menyatakan Jozeph Paul Zhang tidak berada di Indonesia. Berdasarkan data perlintasan Imigrasi, Jozeph Paul Zhang telah meninggalkan Indonesia sejak Januari 2018.

Namun, lanjut Agus, hal itu tidak menghalangi pihaknya untuk melakukan penyelidikan terkait dengan dugaan penistaan agama tersebut.

“Kami berkoordinasi dengan Imigrasi dengan baik. Data yang bersangkutan (Jozeph Paul Zhang) meninggalkan Indonesia sejak Januari 2018 dan tercatat belum kembali,” kata Agus.

Menurut Agus, Jozeph Paul Zhang mengetahui, banyak warga Indonesia yang mudah marah sehingga membuat konten video yang memancing emosi masyarakat.

“Dia tahu akhir-akhir ini banyak warga Indonesia gampang sekali marah. Ngomong-lah seperti di video yang viral. Semoga hari kemarin enggak banyak yang batal puasanya,” kata Agus.

Terkait dengan video tersebut, Agus memastikan kepolisian akan turun tangan menjalankan tugas pokok kepolisian.

Baca juga :  Menteri Suharso Berdialog Dengan Mahasiswa Asing di Universitas Brawijaya

Agus juga mengimbau agar masyarakat yang tengah menjalani ibadah puasa tidak terprovokasi dan mendoakan kebaikan-kebaikan untuk bangsa Indonesia, kemudian meyakini bahwa setiap perbuatan tercela akan mendapat ganjaran dari Allah Swt.

“Hakikatnya puasa salah satunya menahan diri dari segala sesuatu, cara manusia merespons atas sesuatu yang terjadi menunjukkan kualitas diri tiap insan,” kata Agus.

Video Jozeph Paul Zhang mengaku nabi ke-26 beredar luas di media sosial dan viral. Jozeph mengaku sebagai nabi ke-26 yang disampaikan dalam forum diskusi via zoom yang juga ditayangkan di saluran YouTube pribadinya.

Pria tersebut membuka forum diskusi zoom bertajuk “Puasa Lalim Islam”. Ia juga menantang siapa saja yang berani melaporkan dirinya ke kepolisian terkait dengan penistaan agama dengan mengaku sebagai nabi ke-26.

Redaksi CNC MEDIA

CNC MEDIA

Akurat dan terpercaya

One thought on “Reaksi Kapolri Terkait Pria yang Mengaku Nabi ke 26 dan Sebut Puasa Lalim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *