Kabar Baik, Sandiaga Uno: Kapolri Izinkan Event Musik hingga Olahraga Kembali Dibuka

Jakarta, CNC MEDIA.- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebutkan, kegiatan yang memancing kehadiran masyarakat, seperti event olahraga, musik, MICE (Meetings, Incentives, Conferencing, Exhibitions) serta acara budaya dapat digelar di tengah pandemi.

Dilansir dari Okezone, kabar baik itu dijelaskannya pada gelaran rapat bersama Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo beserta jajaran secara virtual, pada Selasa, 9 Maret 2021.

Disebutkannya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia bersama Polri mendukung penuh pelaksanaan kegiatan yang memancing kehadiran masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Tentu saja, kegiatan tersebut harus dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

Disebutkan pula, bahwa pelaksanaan kegiatan harus memenuhi unsur CHSE, yakni Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan).

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kapolri beserta jajarannya, karena hasil daripada video conference call kemaren mendapat respon yang sangat positif dari pelaku industry event, baik itu penyelenggara event di bidang olah raga, musik, MICE dan event-event berbasis budaya,”

Baca juga :  Soal Aturan Seragam Sekolah, MA Batalkan SKB 3 Menteri

“Pernyataan Bapak Kapolri membangkitkan harapan, ini tugas kami untuk terus menebar optimisme bahwa kita harus segera bangkit,” tutur Sandiaga Uno.

Namun, Sandiaga Uno menegaskan kepada para penyelenggara untuk menerapkan digitalisasi dalam setiap kegiatan.
Hal tersebut merujuk ketetapan pelaksanaan acara terkait status lokasi kegiatan yang diklasifikasikan dalam tiga zona, yakni zona merah, zona kuning dan zona hijau.

Disebutkannya, apabila lokasi acara berstatus zona hijau, kegiatan dapat dilaksanakan terbuka dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

Sedangkan apabila lokasi acara berstatus zona kuning, acara digelar dengan mengadopsi konsep hibrid, yakni dibuka terbatas serta virtual.

“Dan seandainya tidak dalam posisi untuk dilakukannya kegiatan (zona merah), maka akan ada opsi untuk menjalankan kegiatan tersebut melalui virtual,” terangnya.

“Fleksibilitas inilah yang mudah-mudahan temen-temen event yang bisa membangun,” pintanya.

Terkait penyelenggaraan acara, pihaknya akan bersinergi dengan Polri, Satgas Percepatan Penanganan Covid-19, Kementerian Kesehatan serta Pemerintah Daerah guna memastikan kegiatan digelar dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin. Mengingat seluruh kegiatan tersebut berbasis risiko.

Baca juga :  Reshuffle Kabinet, 6 Menteri Ini Dianggap Tak Memuaskan dan Kontroversial, Siap-siap Saja

“Pada intinya kami menyambut ini sebagai satu titik terang, secercah harapan agar kegiatan di sektor ekonomi kreatif, terutama berkaitan dengan penyelenggaraan event bisa berlangsung kembali,” tuturnya

Redaksi CNC MEDIA
Source okezone

CNC MEDIA

Akurat dan terpercaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *