Heboh Pelecehan Lagu Indonesia Raya, Malaysia Buka Suara

Jakarta, CNC MEDIA. – Kedutaan Besar (Kedubes) Malaysia di Indonesia buka suara mengenai video pelecehan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang diunggah oleh pihak yang mengaku berasal dari Negeri Jiran tersebut.

Dalam pernyataan pers melalui akun Facebook, Kedubes Malaysia di Jakarta kini sudah mencatat video tersebut dan otoritas Malaysia sedang menyelidiki kasus tersebut.

“Kedutaan ingin menekankan bahwa pihak berwenang Malaysia sedang menyelidiki masalah tersebut. Jika ternyata video itu diunggah oleh warga negara Malaysia, tindakan tegas akan diambil berdasarkan hukum yang ada,” ujar pernyataan tersebut dikutip Selasa (29/12/2020).

Selain itu, Pemerintah Malaysia juga mengecam keras segala bentuk provokasi negatif dengan niat untuk mempengaruhi hubungan bilateral antara Malaysia dan Indonesia yang selama ini terjalin sangat dekat.

Sebelumnya beredar video parodi lagu Indonesia Raya dengan perubahan aransement dan lirik yang seakan memperoloknya. Video tersebut dibuat oleh akun MY Asean dan diunggah di YouTube dengan judul ‘Indonesia Raya Instrumental (Parody+Lyrics Video)’.

Di video itu, terdapat ayam berlambang Pancasila dengan latar warna merah putih. Ada juga animasi dua anak yang terlihat sedang buang air kecil.

Baca juga :  Polri Tangani 148 Perkara Perdagangan Orang Selama 2020

Video diawali dengan suara ayam berkokok. Aransemen lagu hampir sama dengan lagu ‘Indonesia Raya’. Sedangkan liriknya secara garis besar berisi penghinaan terhadap Indonesia. Ada juga yang menyinggung Presiden Jokowi dan Presiden RI ke-1, Soekarno.

Sejumlah netizen kemudian membagikan video tersebut di media sosial dan aplikasi percakapan. Mereka meminta video itu di-report karena bernuansa pelecehan.

Kini video tersebut sudah tak bisa diakses lagi. Namun masih ada sejumlah akun yang menyimpan dan membagikan ulang di YouTube.

Redaksi CNC MEDIA

CNC MEDIA

Akurat dan terpercaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *